minuman segar khas yogyakarta yang terkenal

5 5

6 Minuman Khas Jogja yang Wajib di Coba – Kota Jogja banyak dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali ragam makanan atau kulinernya. Kota Jogja juga terkenal dengan bakpia dan gudeg yang sangat tidak asing bagi lidah kita. Selain memiliki makanan yang enak dan khas, Jogja juga memiliki banyak minuman khas yang nikmat dan sangat menyegarkan serta memanjakan tenggorokanmu. Beberapa minuman ini sangat terkenal hingga ke luar kota loh. Kelezatan minuman yang di suguhkan mampu membuat banyak orang yang merindukan minuman di sana. Saat kamu sedang kesana jangan lupa untuk mencoba berbagai jenis minumannya yah, jangan hanya mencicipi makanannya saja. Berikut adalah daftar minuman khas Jogja yang wajib kamu cicipi, di jamin akan sangat memanjakan lidahmu.

1. Wedang Uwuh

Minuman pertama yang kudu wajib kamu cobain saat berkunjung ke kota Jogja adalah Wedang Uwuh. Dalam bahasa Jawa, Uwuh berarti sampah.

Namun jangan salah sangka dulu, meski disebut demikian bukan berarti isinya sampah. Justru ini adalah minuman menyehatkan yang terbuat dari aneka macam dedaunan dan rempah-rempah.

Sajian tradisional khas daerah Bantul ini memiliki citarasa kuat dan umumnya disajikan dalam keadaan hangat-hangat. Waktu terbaik untuk menikmatinya adalah ketika cuaca sedang dingin atau saat musim hujan.

Angkringan JAC Pandopo Ndalem Timur Plasa Ngasem adalah tempat paling recommended untuk menikmatinya. Selain bisa diminum di tempat, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karen wedang ini kini telah tersedia dalam bentuk bubuk.

2. Bir Pletok

Meski identik sebagai minuman keras khas budaya barat, namun tidak demikian dengan bir khas Betawi yang banyak ditemui di Jogja ini.

Justru Bir Pletok ini disebut-sebut sangat bagus buat kesehatan karena terbuat dari beraneka macam rempah-rempah seperti serai, kayu secang, kapulaga, pandan dan cengkeh.

Tak hanya resepnya yg gampang didapat, cara membuatnya juga mudah. Untuk menemukan Bir Pletok yang namanya kerap masuk dalam soal TTS ini juga tidak sulit.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana rasanya, bisa datang ke Resto Bale Raos di jalan Magangan Kulon No.01, kota Jogja. Cukup dengan merogoh kocek Rp.20.000 saja buat meneguk sebotolnya.

3. Wedang Ronde

Nah, Wedang Ronde ini adalah salah satu minuman khas Jogja yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara. Memiliki citarasa spesial, membuat banyak orang senang mengonsumsinya.

Wedang ronde sebenarnya minuman khas masyarakat Tionghoa yang telah dimodifikasi dengan lidah warga lokal. Sajian penghangat badan ini tak hanya populer di Jogja tapi juga di sekitar Jawa Barat.

Jahe adalah bahan utama sekaligus penguat rasa pada Wedang Ronde ini. Sebagai pelengkap sajiannya, umumnya diberi tambahan bola-bola kacang dan sedikit gula agar rasanya manis.

Baca Juga : 10 Kuliner Jogja Enak dan Hits yang Harus Kamu Coba!

Buat kamu yang ingin mencicipinya, Wedang Ronde Mbah Payem di Kadipaten Jogja adalah tempatnya. Harganya? Tenang, cuma kisaran Rp.6.000 aja kok.

4. Sarsaparilla

Sarsaparilla ini adalah sejenis limun yang memiliki warna ungu kecoklatan. Minuman tersebut merupakan hasil fermentasi tanaman saparella, khas Pulau Jawa.

Sarsaparilla ini dulunya merupakan minuman favorit kaum ningrat dan para bangsawan keraton Jogja. Namun cukup disayangkan, kini keberadaannya seakan menghilang dari peredaran karena tergerus oleh zaman.

Tapi tak perlu khawatir karena masih ada satu tempat yang menjual Saparilla ini, namanya yaitu Indo Saparella. Lokasinya ada di Kutu Pratan, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman dan untuk harganya kisaran 13-15 ribuan aja per botolnya.

5. Rujak Es Krim

Pelepas dahaga khas Jawa Timur bernama rujak es krim ini sangat enak dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Dinamakan demikian, tentu bukan tanpa sebab.

Tidak lain tidak bukan karena dalam penyajiannya, es krim dicampur dengan berbagai buah-buahan segar seperti mangga, kedondong, bengkuang, pepaya, nanas dan siraman gula jawa untuk menghasilkan sensasi pedas.

Rujak Es Krim ini dapat kamu nikmati di warung-warung di sepanjang pinggiran kota Jogja. Dan satu tempat yang paling top adalah Kedai Pak Nardi di lapangan Pakualaman. Selain karena terkenal lezat, harganya pun dibanderol murah meriah, 5 ribuan aja.

6. Es Semlo

Es Semlo, sajian anti dahaga ini ungkin masih sangat asing bagi sebagian orang. Pasalnya, minuman tersebut merupakan hidangan favorit kaum keraton Yogyakarta dan termasuk salah satu minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX.

Meski umumnya disajikan dalam keadaan dingin, namun teh tersebut memiliki rasa unik sebab dalam pembuatannya mengandung rempah-rempah yang kerap dijadikan sebagai bahan wedang ronde.

Bukan hanya itu saja, uniknya lagi dalam penyajiannya biasanya diberi potongan pisang, gula pasir dan air perasan jeruk nipis. Memiliki warna merah alami karena mengandung campuran kayu secang.

5-Rekomendasi-Minuman-Khas-Yogyakarta 5-Rekomendasi-Minuman-Khas-Yogyakarta

makananjogja – Yogyakarta dikenal sebagai kotanya para pelajar, karena sistem dan kualitas pendidikannya yang juga diakui sangat baik. Karena keistimewaan-keistimewaannya inilah, tak mengherankan jika Yogyakarta dijuluki sebagai salah satu daerah yang diberi gelar istimewa oleh pemerintah Indonesia. Istimewa kulinernya, budayanya, dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya.

Namun, tahukah kamu selain memiliki aneka ragam kuliner makanan yang enak-enak banget, Yogyakarta juga ternyata menyimpan aneka ragam minuman khas yang gak boleh terlewatkan untuk dicoba. Dari mulai yang hangat-hangat, hingga yang menyegarkan. Apa aja sih, yuk simak!

1. Kopi Jos

Kopi-Jos

 

 

 

 

 

 

 

 

Minuman yang satu ini mungkin cukup ekstrim bagi orang-orang yang baru mencobanya untuk pertama kali. Kenapa disebut seperti itu, karena kopi yang satu ini bisa menjadi berbeda dan istimewa dari kopi-kopi lainnya yaitu disebabkan karena adanya arang yang masih menyala yang dicelupkan ke dalam kopinya. Kopi yang masih panas akan diberi arang sehingga terlihat mendidih di dalamnya.

Dalam proses pembuatan kopi yang banyak dijual di warung-warung angkringan di Jogja ini, tidaklah menggunakan kopi sachet melainkan dengan kopi tumbukan asli sehingga rasa pekat yang dihasilkan dari minuman kopi jos ini begitu lezat dan istimewa.

2. Wedang Ronde

Wedang-Ronde

 

 

 

 

 

 

 

 

Minuman hangat yang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Apalagi sudah banyak terjual tidak hanya di daerah Jogja saja. Wedang ronde adalah minuman khas Tionghoa yang kemudian oleh masyarakat Jogja di akulturasi dan dibuat dengan cita rasa lokal sesuai dengan selera masyarakat Jogja.

Di negeri asalnya, ronde dikenal dengan nama tang yuan. Minuman ini memilih jahe sebagai bahan utama pembuatannya, serta sebagai penguat citarasa utama dari wedang yang satu ini.

Air jahe ini kemudian akan dicampurkan dengan gula dan diberi isian berbentuk bola kacang tanah giling yang sudah dicampur gula sehingga memiliki rasa manis.

Baca Juga : 7 Cafe Terkenal Di Jogja Yang Paling Sering DI Kunjungi

3. Es Semlo

Es-Semlo

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau minuman menyegarkan yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang di luar Jogja. Ya, es semlo adalah minuman khas keraton Yogyakarta dan menjadi salah satu minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Es semlo dibuat dengan berbagai bahan rempah yang membawa citarasa khas nusantara. Bahan-bahan rempah seperti cengkeh dan kayu manis ini pun akan dicampur dengan bahan utama pisang dan juga jeruk nipis.

Tak memakai bahan kimia sama sekali, bahkan untuk membuat warna dalam minumannya, cukup tambahkan kayu secang.

4. Rujak Es Krim

Rujak-Es-Krim

 

 

 

 

 

 

Minuman menyegarkan satu lagi yang juga wajib banget dicoba kalau sedang berkunjung ke Yogyakarta yaitu ada rujak es krim. Seperti namanya, minuman ini adalah perpaduan antara rujak buah-buahan yang kemudian diberikan es krim di atasnya.

Perpaduan antara rasa asam dari buah mangga hingga belimbing yang kemudian dipadukan dengan rasa asam pedas dari bumbu rujaknya, tampak semakin lezat karena dipadukan dengan dingin dan segarnya es krim. Konon, rujak es krim ini sudah ada di Yogyakarta sejak tahun 1990 loh.

5. Wedang Uwuh

wedang-uwuhh

 

 

 

 

 

Wedang hangat khas Imogiri, Yogyakarta ini dikenal memiliki nama yang terkesan unik. Wedang yaitu berarti minuman dalam bahasa jawa dan uwuh yang berarti sampah. Disebut demikian karena memang dalam pembuatannya, dedaunan yang menjadi bahan utama wedang uwuh ini dibiarkan berada di dalam gelas dan bertaburan bak sampah dedaunan.

Selain dapat menghangatkan badan, wedang yang juga banyak menggunakan bahan-bahan rempah serta kayu secang sebagai pewarna alaminya ini diketahui memiliki banyak sekali manfaat herbal.

Nah, itulah beberapa daftar minuman khas Yogyakarta yang recommended banget untuk dicoba. Diantara kelima daftar di atas, mana nih yang paling bikin ngiler buat dicoba?