makanan khas yogyakarta

1 1

Daftar Tempat Nongkrong Paling Seru di Jogja – Jika kamu adalah orang yang sangat suka nongkrong bersama teman atau pacar kalian, wajib banget mengunjungi kota Jogja. Jogja adalah kota dengan makanan dan minuman yang enak-enak. Jika kamu sedang binggung mau liburan kemana, kamu bisa langsung meluncur ke kota Jogja. Bukan hanya makanan dan minumannya yang terkenal disana, banyak juga tempat-tempat bagus untuk berfoto. Disana kamu tidak akan bosen nongkrong bersama teman karena banyak cafe di pinggiran jalan. Berikut adalah daftar tempat nongkrong yang paling asik di Jogja.

1. Bong Kopitown

Nah, tempat nongkrong di Jogjakarta yang pertama ini unik banget, Toppers! Bong Kopitown memiliki tema “penjara”. Kamu bisa melihat konsep ini diterapkan pada setiap aspek dari cafenya dari seragam pegawai yang seperti narapidana hingga interior yang diatur seperti sel-sel penjara.

Dengan masakan bercita rasa Peranakan, semua menu di Bong Kopitown masih termasuk terjangkau lho, Toppers. Jadi, tak heran jika tempat nongkrong di jogja ini bertema “the happiest prisoner on earth“.

Alamat : Jalan Sagan No. 4
Jam buka : 10.00 – 00.00 WIB
Harga : Rp.7.000 – Rp.58.000

2. Luxury Jogja

Para pelajar dan mahasiswa pasti cocok sama tempat nongkrong di jogja kali ini! Luxury Jogja sering sekali didatangi oleh kalangan pelajar karena pada tempat nongkrong di jogja ini kalian dapat menyewa sebuah bilik komputer dan menyewanya untuk berinternet. Selain itu, terdapat juga sebuah working space sekaligus cafe juga pada tempat nongkrong di Jogja ini. Jika kamu ingin mengganjal perut ketika sibuk didepan laptop, kamu dapat memesan berbagai macam kudapan juga disini. Karena tempat nongkrong di Jogja ini sering didatangi para pelajar, jadi harganya juga ramah untuk kantong!

Alamat : Jalan Kaliurang KM. 5.2, Caturtunggal, Depok
Jam Buka : 24 Jam
Harga : Rp.9.000 – Rp.30.000

3. Epic Coffee

Nah, tempat nongkrong di Jogja selanjutnya telah meramaikan instagram nih, Toppers! Kedai kopi ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat nongkrong di Jogja yang wajib kalian datangi! Tempat nongkrong di Jogja ini cocok banget untuk nongkrong, nugas, atau juga berdiskusi. Tempat nongkrong di Jogja ini menyediakan segala macam kopi dan minuman-minuman lainnya, dan juga berbagai macam makanan dari cemilan hingga makanan berat. Jika kamu ke tempat nongkrong di Jogja ini, jangan lupa foto-foto ya! Karena, Epic Coffee terkenal banget dengan suasana tempatnya yang Instagrammable!

Baca Juga : 6 Minuman Khas Jogja yang Wajib di Coba

Alamat : Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 29
Jam buka : 10.00 – 23.00 WIB
Harga : Rp.30.000 – Rp.160.000

4. Nox Coffee Boutique

Nox Coffee Boutique menawarkan suasana mewah dengan konsep latin dan Spanyol. Tempat nongkrong di Jogja ini cocok banget jika kamu ingin ketemu klien ataupun hanya sekedar nongkrong sambil ngopi bersama para sahabat. Tempat nongkrong di Jogja ini memiliki menu andalan, yaitu Cortado. Cortado adalah espresso dicampur dengan susu creamy. Tapi, jangan sampai melewatkan menu-menu andalan Nox Coffee Boutique lainnya seperti, minuman non-kopi, makanan ringan, hingga makanan berat yang semuanya terasa pas dengan harganya!

Alamat : Jalan Kaliurang Km. 5 No. 53
Jam buka : 09.00 – 00.00 WIB
Harga : Rp.25.000 – Rp.110.000

5. Le Travail Coffee

Nah, tempat nongkrong di Jogjakarta selanjutnya bukan sekedar tempat nongkrong, Toppers! Pada tempat nongkrong di Jogja kali ini, banyak ditemukan mahasiswa yang mengerajakan tugas sambil diskusi. Karena harganya yang murah dan buka 24 jam, cafe ini termasuk ramah untuk mahasiswa. Selain itu, WiFi cepat, tempat kondusif dan interior artistik tempat nongkrong di Jogja ini akan bikin kamu semakin nyaman!Single Origin Cofee yang dibuat dengan teknik manual brew dan pilihan-pilihan makanan Le Travail juga menjadi teman tambahan untuk sesi nongkrongmu!

Alamat : Jalan Pintu Selatan UPN, Seturan
Jam buka : 24 jam
Harga : Rp.10.000 – Rp.28.000

5 5

6 Minuman Khas Jogja yang Wajib di Coba – Kota Jogja banyak dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali ragam makanan atau kulinernya. Kota Jogja juga terkenal dengan bakpia dan gudeg yang sangat tidak asing bagi lidah kita. Selain memiliki makanan yang enak dan khas, Jogja juga memiliki banyak minuman khas yang nikmat dan sangat menyegarkan serta memanjakan tenggorokanmu. Beberapa minuman ini sangat terkenal hingga ke luar kota loh. Kelezatan minuman yang di suguhkan mampu membuat banyak orang yang merindukan minuman di sana. Saat kamu sedang kesana jangan lupa untuk mencoba berbagai jenis minumannya yah, jangan hanya mencicipi makanannya saja. Berikut adalah daftar minuman khas Jogja yang wajib kamu cicipi, di jamin akan sangat memanjakan lidahmu.

1. Wedang Uwuh

Minuman pertama yang kudu wajib kamu cobain saat berkunjung ke kota Jogja adalah Wedang Uwuh. Dalam bahasa Jawa, Uwuh berarti sampah.

Namun jangan salah sangka dulu, meski disebut demikian bukan berarti isinya sampah. Justru ini adalah minuman menyehatkan yang terbuat dari aneka macam dedaunan dan rempah-rempah.

Sajian tradisional khas daerah Bantul ini memiliki citarasa kuat dan umumnya disajikan dalam keadaan hangat-hangat. Waktu terbaik untuk menikmatinya adalah ketika cuaca sedang dingin atau saat musim hujan.

Angkringan JAC Pandopo Ndalem Timur Plasa Ngasem adalah tempat paling recommended untuk menikmatinya. Selain bisa diminum di tempat, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karen wedang ini kini telah tersedia dalam bentuk bubuk.

2. Bir Pletok

Meski identik sebagai minuman keras khas budaya barat, namun tidak demikian dengan bir khas Betawi yang banyak ditemui di Jogja ini.

Justru Bir Pletok ini disebut-sebut sangat bagus buat kesehatan karena terbuat dari beraneka macam rempah-rempah seperti serai, kayu secang, kapulaga, pandan dan cengkeh.

Tak hanya resepnya yg gampang didapat, cara membuatnya juga mudah. Untuk menemukan Bir Pletok yang namanya kerap masuk dalam soal TTS ini juga tidak sulit.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana rasanya, bisa datang ke Resto Bale Raos di jalan Magangan Kulon No.01, kota Jogja. Cukup dengan merogoh kocek Rp.20.000 saja buat meneguk sebotolnya.

3. Wedang Ronde

Nah, Wedang Ronde ini adalah salah satu minuman khas Jogja yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara. Memiliki citarasa spesial, membuat banyak orang senang mengonsumsinya.

Wedang ronde sebenarnya minuman khas masyarakat Tionghoa yang telah dimodifikasi dengan lidah warga lokal. Sajian penghangat badan ini tak hanya populer di Jogja tapi juga di sekitar Jawa Barat.

Jahe adalah bahan utama sekaligus penguat rasa pada Wedang Ronde ini. Sebagai pelengkap sajiannya, umumnya diberi tambahan bola-bola kacang dan sedikit gula agar rasanya manis.

Baca Juga : 10 Kuliner Jogja Enak dan Hits yang Harus Kamu Coba!

Buat kamu yang ingin mencicipinya, Wedang Ronde Mbah Payem di Kadipaten Jogja adalah tempatnya. Harganya? Tenang, cuma kisaran Rp.6.000 aja kok.

4. Sarsaparilla

Sarsaparilla ini adalah sejenis limun yang memiliki warna ungu kecoklatan. Minuman tersebut merupakan hasil fermentasi tanaman saparella, khas Pulau Jawa.

Sarsaparilla ini dulunya merupakan minuman favorit kaum ningrat dan para bangsawan keraton Jogja. Namun cukup disayangkan, kini keberadaannya seakan menghilang dari peredaran karena tergerus oleh zaman.

Tapi tak perlu khawatir karena masih ada satu tempat yang menjual Saparilla ini, namanya yaitu Indo Saparella. Lokasinya ada di Kutu Pratan, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman dan untuk harganya kisaran 13-15 ribuan aja per botolnya.

5. Rujak Es Krim

Pelepas dahaga khas Jawa Timur bernama rujak es krim ini sangat enak dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Dinamakan demikian, tentu bukan tanpa sebab.

Tidak lain tidak bukan karena dalam penyajiannya, es krim dicampur dengan berbagai buah-buahan segar seperti mangga, kedondong, bengkuang, pepaya, nanas dan siraman gula jawa untuk menghasilkan sensasi pedas.

Rujak Es Krim ini dapat kamu nikmati di warung-warung di sepanjang pinggiran kota Jogja. Dan satu tempat yang paling top adalah Kedai Pak Nardi di lapangan Pakualaman. Selain karena terkenal lezat, harganya pun dibanderol murah meriah, 5 ribuan aja.

6. Es Semlo

Es Semlo, sajian anti dahaga ini ungkin masih sangat asing bagi sebagian orang. Pasalnya, minuman tersebut merupakan hidangan favorit kaum keraton Yogyakarta dan termasuk salah satu minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX.

Meski umumnya disajikan dalam keadaan dingin, namun teh tersebut memiliki rasa unik sebab dalam pembuatannya mengandung rempah-rempah yang kerap dijadikan sebagai bahan wedang ronde.

Bukan hanya itu saja, uniknya lagi dalam penyajiannya biasanya diberi potongan pisang, gula pasir dan air perasan jeruk nipis. Memiliki warna merah alami karena mengandung campuran kayu secang.

10 Makanan Khas Jogja Yang Wajib Kamu Coba 10 Makanan Khas Jogja Yang Wajib Kamu Coba

Makananjogja.com – Makanan khasnya apalagi, makin variatif tapi tetap legendaris. Tapi apalah artinya kalau kamu jalan-jalan tanpa berburu kuliner khas Jogja. Tenang, petir yang satu ini tidak membunuh melainkan akan memanjakan lidah para penikmat kuliner pedas di Jogja. Kuliner Jogja tepatnya di Jalan Lingkar Selatan, Desa Tirtonimolo 90, Kasihan, Bantul, ini sangat bersahabat dengan kita semua. Percayalah, meskipun kamu anti daging kambing, kamu akan suka hidangan disini.

Apalagi buat kamu yang suka pedes, wuih cocok, pedes banget! Salah satu cita rasa kuliner khas Jogja yang nggak boleh dilewatkan. Lokasinya pun tidak terlalu sulit, terletak di dalam pasar Imogiri, tepatnya sekitar 4,5 km dari ring road selatan menuju arah pemakaman raja-raja di Imogiri. Uniknya, olahan sate klatak hanya diberi bumbu garam saja, tapi tetap tersaji lembutnya sate yang empuk dengan aroma kambing yang nendang dan rasa original dari daging segar lalu dibakar menggunakan arang. FYI, menurut Pak Bari asal muasal sate klatak itu adalah berasal dari nama biji buah mlinjo.

Banyak pengunjung yang datang rombongan meski harus blusukan untuk menuju warung yang terletak di sekitar Jl. Imogiri Barat Km. 4, tepatnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul ini. Nggak heran, karena sambel cabe hijau dan welutnya sangat lezat, menggugah selera dan sangat pas disantap bersama berbagai lauk pauk yang disediakan. Keunikan warung ini adalah makanan yang dijual disajikan langsung di pawon (dapur khas Jawa). Kompor yang digunakan masih berupa tungku dari batu bata dengan bahan bakar kayu bakar dan sabut kelapa. Warung ini terkenal dengan gudeg yang disajikan dengan lele asap. Kuahnya bikin nagih dengan rasa pedas yang memberikan rasa segar. Lokasi warung makan Gudeg Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng berada di alamat Dusun Nengahan, Ngiri-Ngiri, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Lokasinya agak masuk ke perkampungan, tapi tidak usah khawatir, karena lokasi ini cukup terkenal di Jogja. Jangan ngaku pecinta bakmi jawa kalau belum kesini. Kualitas rasa yang terus dijaga dengan tidak pernah mengurangi takaran bumbu dan selalu menggunakan telur bebek. Untuk kaldu, terbuat dari rebusan potongan ayam kampung betina.

Tak hanya itu, untuk menciptakan rasa olahan ada tambahan udang sebagai pelengkap kaldu. Cita rasa istimewa dari depan Pasar Prawirotaman yang wajib dicoba! Ayam goreng super gurih merasuk ke bagian dalam dari ayam. Belum lagi tingkat kematangan ayam ini terbilang sempurna. Nggak perlu garing, namun matang secara menyeluruh. Menu rumahan ayam goreng yang diolah dengan tangan yang tepat, ya di warung yang terletak di Sembungan, Kasihan, Bantul ini. Letaknya tidak jauh dari Kasongan kok. Minuman dan-makanan benar-benar dari jamur semua. Jejamuran Resto telah terintegrasi dengan perkebunan jamur dan konsultan budidaya jamur, jadi jangan khawatir dengan pilihan jamur yang disediakan, pasti layak makan dan bergizi. Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, kira-kira tepatnya dari arah kota Jogja menuju Magelang. Kalau kamu mau berkunjung ke daerah Turi, Sleman, Yogyakarta, wajib mampir mampir kesini. Tepatnya ada di Randusongo, kelurahan Donokerto, kecamatan Turi. Memang sih jauh dari pusat kota tapi terbayar dengan sepiring entok slenget pedas dan nikmat. Slenget yang dimaksud disini merujuk pada cabai yang dicampur dengan semur entoknya. Agar rasa pedas bersemanyam lebih lama di mulut, Kang Tanir menambahkan merica agar hangat dibadan.

Baca Juga  : Di Kafe Ini Bisa Menghirup Udara Segar Sambil Berfoto Cantik

Warung gudeng ini emang legendaris banget! Meski baru buka jam 10 malam, para pecinta gudeg sudah antre setengah jam sebelumnya. Tak heran karena rasa gudeg yang otentik sehingga selalu jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dalam kota maupun luar kota. Buktinya, gudeg yang terjual sudah habis dalam waktu 1-1,5 jam saja. Jadi, datanglah sebelum jam setengah 10 ke Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Warung bakmi jawa yang lebih eksklusif tampilannya, karena memang terletak di dalam area pom bensin Terban. Tapi rasanya memang maknyus! Selain itu, pelayanannya cukup cepat. Pemakaian telur bebeknya membuat kuahnya terasa istimewa. Belum lagi bumbunya yang memang mantap. Langsung terpikat deh dengan bakmi ini. Satu hal lagi yang menarik adalah tekstur bakminya yang kenyal dan besar. Benar-benar pas banget disantap dengan bumbu-bumbu yang digunakan. Angkringan yang terletak di Jl. Pramuka 106, Giwangan, Jogja ini memang sangat terkenal. Apalagi nasi bakarnya yang top markotop! Ada tiga menu yang konon diandalkan di angkringan ini, yaitu sego sambel welut, wedang jahe asem dan tentunya nasi bakar. Meski sama-sama dibungkus, namun nasi bakar ini dibungkus dengan daun pisang, yang membuat nasinya terasa wangi. Belum lagi daun kemangi yang diletakan di dalamnya bersama dengan nasi dan ikan asinnya, benar-benar wangi dan lezat