Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Merawat Kulit

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Merawat Kulit – Semua buah tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang terbaik untuk di dalam dirinya sendiri, termasuk buah mangga yang hendak banyak di konsumsi orang.

Mangga adalah buah tropis yang telah dibudidayakan dan dikonsumsi di banyak negara di dunia. Buah ini sarat akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengikutisertakan mangga dalam pola makan sehari-hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit. Ini karena mangga dikemas dengan berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Mari kita bahas bagaimana mangga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Merawat Kulit

1. Mengatasi kerusakan akibat sinar matahari
Mangga mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit dengan mengurangi oksidasi sel kulit. Kendati tidak berfungsi sebagai tabir surya, tetapi antioksidan dan nutrisi lain yang ada dalam mangga bisa mengurangi kerusakan secara signifikan.

Selain itu, mangga juga mengandung vitamin C yang mampu mengurangi peradangan. Dan, konsumsi  beccazavorski mangga secara teratur mampu mengatasi berbagai masalah kulit yang terkait dengan peradangan, seperti jerawat.

Paparan sinar matahari juga dikenal dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Sebuah studi dalam jurnal Photodermatology, Photoimmunology and Photomedicine membuktikan bahwa makan mangga bermanfaat untuk mengurangi kerutan akibat sinar matahari.

2. Membantu pembentukan kolagen
Kolagen merupakan protein yang penting bagi kulit untuk mempertahankan integritas dan elastisitas strukturalnya. Masalah produksi kolagen dapat menyebabkan kulit bersisik dan luka sulit untuk sembuh.

Nah, meningkatkan pembentukan kolagen adalah salah satu manfaat utama mangga untuk kulit. Ini karena mangga mengandung vitamin C yang membantu dalam pembentukan kolagen, menurut studi dalam jurnal Nutrients.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan
Studi dalam jurnal Dermato-Endocrinology menunjukkan bahwa vitamin E dan C bekerja sama untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Keduanya disimpan di dalam sel-sel kulit.

Saat kulit terpapar polusi lingkungan, jumlah vitamin ini berkurang. Jika vitamin E dan C yang hilang tidak digantikan, kulit akan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Vitamin C juga mendukung produksi kolagen yang mampu menghambat terbentuknya kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Mangga adalah sumber vitamin C dan E yang baik. Karenanya, konsumsi mangga secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan dan sinar matahari.