Wisata Jogja

12 Kuliner Jogja Yang Menggoyang Lidah Di Tahun 2020 12 Kuliner Jogja Yang Menggoyang Lidah Di Tahun 2020

Makananjogja.com – Siapa yang tidak tahu kalau Jogja merupakan pusat kebudayaan dan wisata di Tanah Jawa. Berpetualang di kota ini tidak lengkap rasanya tanpa menjajal kuliner Jogja. Nah, predikat Kota Pelajar yang tersemat padanya pun ternyata memengaruhi aneka kuliner yang tersedia. Kamu yang pernah menempati Jogja pasti tidak asing dengan angkringan yang berjejal di kota ini. Hal ini dikarenakan angkringan punya nilai plus berupa harga yang ramah di kantong pelajar dan mahasiswa. Suasana khas kotanya membuat selalu rindu ingin kembali lagi. Cicipi setiap rasa pada makanan khas Jogja mulai dari asam, pedas, manis, serta asinnya.

Pulihkan rasa rindu pada Kota Gudeg ini dengan tempat kuliner Jogja yang akan dibahas di bawah! Kalau kuliner yang satu ini memang sudah legendaris. Kamu bayangkan saja, penjualnya sudah hampir satu abad usianya! Pantas saja rasanya khas Jogja banget. Resep gudegnya bahkan sudah dibuat oleh Mbah Lindu semenjak remaja. Sembari merasakan sensasi landmark Jogja yakni Malioboro, Kamu pun bisa menyuapkan nasi gudeg di mulut.

Jangan heran ya, kalau Kamu dapati antrean yang mengular dan tak kunjung habis. Memang gudeg ini selalu diburu wisatawan. Kuliner enak Jogja ini dibuka pada pukul 05.00 hingga 11.00. Untuk masalah harga, seperti yang sudah dibahas tadi, Jogja selalu menawarkan makanan yang mudah dijangkau. Jadi, Kamu bisa menikmati gudeg Mbah Lindu hanya dengan Rp 15.000,- saja. Kamu suka dengan olahan mie? Jika iya, maka kuliner Jogja yang satu ini tak boleh dilewatkan. Nah, salah satu warung mie ayam yang paling direkomendasikan adalah Mie Ayam Bu Tumini. Yang membuat kuliner ini berbeda dengan jenis kuliner lainnya adalah kuah yang berwarna cokelat. Serta mie yang kenyal ditemani pula dengan lauk ayam nan menggoda. Kamu juga bisa memilih ceker untuk melengkapi hidangannya. Paling pas sebagai menu makan siangmu sembari menikmati suasana Jogja. Datanglah pada pukul 10.00 sampai 17.00 WIB pada jam buka dari tempat ini. Kalau lebih pagi atau lebih sore, maka dijamin Kamu gagal merasakan lezatnya mie ayam. Kalau tempat makan yang satu ini tambah laris saja semenjak muncul pada film AADC 2 yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro Wardoyo.

Baca Juga : 10 Tempat Makan Sekitar Malioboro Yang Bikin Kangen Jogja

Namun, bukan hanya karena itu saja, cita rasa yang ditawarkan oleh kuliner itu begitu menggoda. Jika biasanya kuliner kambing berbau prengus, maka Sate Klatak ini jauh dari bau yang tidak sedap. Lebih unik lagi karena sate ini tidak menggunakan bambu, tetapi besi jeruji dari sepeda. Paling cocok Kamu nikmati Sate Klatak Pak Bari dengan gule kambing yang rasanya mantap. Catat baik-baik jam bukanya, ya, agar Kamu tidak kecewa karena tidak bisa menikmati sajian ini. Tempat kuliner Jogja ini dibuka pada jam 18.30 dan tutup pukul 01.00 WIB. Mulai dari Rp 20.000,- Kamu sudah bisa mencicipi kuliner nan istimewa ini. Sepertinya sajian soto dari Solo ini layak untuk diberi predikat wisata Kuliner Jogja 2019 paling endeus. Sebab, di sini, Kamu bisa menikmati daging sapi yang kenyal dipadu dengan kuah bening yang segar. Pun, menikmatinya di tengah saung pada hamparan sawah. Bisa dibilang, Soto Bathok Mbah Katro ini merupakan harmoni wisata budaya dan kuliner yang berpadu. Lengkapi sajian dengan sate usus, tempe goreng, dan juga sate puyuh untuk rasa yang lebih nikmat. Untuk jam bukanya sendiri dimulai pada pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Kamu bisa menikmati sajian mulai dari Rp 5.000,- setiap porsi.

Wah, murah banget, ya! Mercon biasanya dinyalakan jika ada momen hari besar di daerahmu. Namun, mercon yang satu ini justru bisa meledakkan lidahmu. Ya, Oseng Mercon Bu Narti wajib Kamu cicipi jika bertandang ke Jogja. Oseng-oseng ini terdiri dari daging, kikil, tulang muda, dan juga kulit, dan juga cabe rawit yang super banyak. Siapkan tisu atau sapu tangan untuk mengusap keringat yang bermunculan di dahi. Kalau istilah Jawa-nya “Gobyos”. Jam operasional dari Oseng Mercon Bu Narti mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. Termasuk salah satu wisata kuliner Jogja malam yang bisa Kamu jelajahi. Lokasi: Ngampilan, Jogja, DIY. Kamu mungkin lebih lekat dengan nama Bakpia Pathuk ketimbang Pangsit Pathuk. Namun, sebenarnya, kuliner ini tidak kalah nge-hits. Nah, Yammie ini adalah olahan mie yang ditaburi dengan ayam cincang. Pelengkapnya adalah pangsit ayam yang enak. Jajanan street food ini bisa dikategorikan sebagai kuliner Jogja kekinian. Pastinya, Kamu akan dibuat ngiler begitu melihat tampilannya yang menggoda.

10 Tempat Makan Sekitar Malioboro Yang Bikin Kangen Jogja 10 Tempat Makan Sekitar Malioboro Yang Bikin Kangen Jogja

Makananjogja.com – Wisata kuliner di Yogyakarta memang sangat mengasyikkan. Selain berwisata kuliner mencoba tempat makan hits di Jogja, kita juga menjajal kuliner yang dijual di sekitar Malioboro. Sebagai salah satu destinasi wisata saat berada di Yogyakarta, Malioboro sangat ramai dipenuhi oleh para pedagang, mulai dari pedagang baju, oleh-oleh, lukisan, sampai dengan makanan. Jika Anda berjalan-jalan di Malioboro, jangan lewatkan 10 tempat makan sekitar Malioboro yang paling recommended ini. Tempat makan yang akan Keluyuran review berikut ini akan membuat Anda jadi lebih kangen dengan Jogja! Membuka daftar tempat makan sekitar Malioboro yang terbaik, Keluyuran ingin merekomendasikan Gudeg Yu Djum.

Rasanya belum lengkap jika ke Yogyakarta tanpa menyantap makanan khasnya, yakni gudeg. Yang membuat gudeg ini lebih nikmat dan berbeda dari gudeg-gudeg lainnya adalah cara pengolahannya yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Apalagi gudeg kering ini disajikan dengan lauk yang lengkap, seperti ayam, daging, telur, ampela ati, dan sambal krecek. Lokasi Gudeg Yu Djum berada di Jalan Dagen No. Yang satu ini juga kuliner legendaris yang berada di sekitar Malioboro, yakni Soto Ayam 61. Depot soto ayam ini ternyata sudah buka sejak tahun 1976, lho.

Dan sampai saat ini citarasanya pun tidak berubah, tetap enak seperti dulu. Seporsi soto ayamnya juga sangat murah, yakni sekitar 12 ribuan saja. Anda dapat menikmati soto ayam yang lezat ini dengan tambahan lauk berupa sate-satean, telur kecap, dan otak goreng. Soto Ayam 61 ini selalu ramai dipadati pengunjung. Alamat Soto Ayam 61 di Jalan Ahmad Yani No. Pagi-pagi enaknya sarapan pecel nih! Nah, jika Anda ingin mencari pecel enak di sekitar Malioboro, datang saja ke Pecel Senggol yang lokasinya berada persis di depan pintu masuk Pasar Beringharjo. Mengapa dinamakan Pecel Senggol? Karena tempatnya sempit sehingga orang-orang yang mengantri harus bersenggolan satu sama lain. Sayuran pecel di sini sangat lengkap dan bumbu kacangnya pun sangat enak. Apalagi pilihan lauknya juga sangat beragam. Makan pecel di sini benar-benar puas dan mengeyangkan. Anda harus mencoba pecel yang terkenal di kawasan Malioboro ini ya! Angkringan adalah salah satu tempat makan sekitar Malioboro yang wajib untuk dikunjungi.

Baca Juga  : 5 Warung Sego Kucing Dengan Pilihan Lauk Bacem Lengkap

Rasanya tidak afdol jika kita ke Yogyakarta tanpa makan di angkringan. Di antara beberapa pilihan angkringan di Malioboro, satu yang paling terkenal adalah Angkringan Lek Man. Meskipun tempatnya tidak terlalu besar, tetapi dagangan di Angkringan Lek Man ini sangat lengkap, mulai dari sego kucing (nasi kucing), sate-satean, gorengan, kopi, wedang jahe, dan susu. Yang membuat kita merasa puas adalah harganya yang sangat murah meriah. Angkringan Lek Man ini lokasinya hanya berjarak 700 meter dari Malioboro, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu. Anda pasti setuju jika Keluyuran mengatakan bahwa makanan di Jogja ini sangat ramah dengan isi dompet kita. Ya, makanan-makanan di kota pelajar ini sangat murah meriah, sehingga kita bisa berwisata kuliner ke tempat-tempat makan dalam jumlah banyak. Salah satu tempat kuliner di kawasan Malioboro yang harus dijajal adalah Lumpia Samijaya. Di saat toko kue lain menjual lumpia seharga 10 ribuan, di sini Anda bisa membeli lumpia dengan harga di bawah 5 ribu.

Meskipun harganya murah, tetapi lumpia di sini enak dan banyak pengunjung yang datang untuk membeli lumpia. Lokasi Lumpia Samijaya cukup mudah ditemukan karena berada di depan toko ponsel Samijaya yang berbatasan langsung dengan Hotel Mutiara Malioboro. Lokasi Malioboro memang tidak jauh dari Pasar Beringharjo. Anda bisa berjalan kaki selama 10 menit untuk mencari Pasar Beringharjo dari kawasan Malioboro. Di lantai 2 pasar yang sangat terkenal di Yogyakarta ini ada sebuah kedai gado-gado legendaris, yaitu Gado-Gado Bu Hadi. Sepiring sayuran segar dan telur ayam rebus akan disiram dengan bumbu kacang yang manis dan gurih. Rasa gado-gado di sini memang sangat maknyus! Apalagi harganya pun juga cukup terjangkau. Cobain Gado-Gado Bu Hadi yang ternyata sudah buka sejak tahun 1952 ini, yuk! Masih berada di sekitaran Pasar Beringharjo yang notabene tidak jauh dari Malioboro, ada Sate Kere. Ini adalah sate unik dengan kelezatan yang pastinya akan memanjakan lidah Anda. Sate kere terbuat dari lemak atau gajih sapi. Ketika dibakar, aromanya sangat harum dan menggugah selera. Sate ini dimasak dengan bumbu dendeng sehingga citarasanya sangat unik.

5 Warung Sego Kucing Dengan Pilihan Lauk Bacem Lengkap 5 Warung Sego Kucing Dengan Pilihan Lauk Bacem Lengkap

Makananjogja.com – Warung sego kucing atau angkringan juga merupakan warung tenda populer. Menu tradisional khas Jawa Tengah yang menggoda selera. Main ke warung sego kucing bisa ganjal perut dengan sego kucing yang porsinya mungil namun puaskan selera. Apalagi ada isian seperti suwiran ayam atau sambal teri goreng. Tak ketinggalan beragam gorengan dan lauk bacem lengkap. Yuk, cicip sego kucing di sini. Di kawasan Kelapa Gading ada angkringan murah meriah dan enak. Namanya Angkringan Mas Paijo yang didirikan pasangan asal Jogja.

Buka mulai pukul 6 sore, tersedia ragam sate di sini. Ada yang tradisional hingga modern seperti fish cake dan nugget. Tak ketinggalan nasi kucing dan ragam gorengan sebagai pelengkapnya. Angkringan Mas Paijo juga menawarkan nasi pindang ikan yang bisa dicoba. Harga sate dan nasi kucing di sini berkisar dari Rp 2.000-2.500 per buah. Di Angkringan Ayu Dewi tersedia banyak pilihan rasa nasi kucing. Dijamin bisa puaskan selera pencinta nasi kucing.

Isiannya antara lain teri, tongkol, bandeng, cumi, oseng, dan goreng. Makin enak dengan lauk ragam sate baceman. Mulai dari telur puyuh, ati ampela, sayap ayam, sampai paru. Ada juga gorengan bakwan jagung, tempe, dan risol. Untuk hangatkan perut bisa pesan jahe susu, jahe sereh, atau bajigur. Angkringan ini buka mulai sore hari. Angkringan yang satu ini nonhalal karena menyediakan menu babi, termasuk untuk nasi kucingnya. Ada pilihan babi masak rendang, cabe ijo hingga rica. Pilihan satenya juga beragam termasuk sate lapciong, sate babi pedas, sate babi manis hingga kulit babi. Camilan seperti siomay dan bakso goreng juga tersedia. Tak usah merogoh kocek dalam karena semua makanan dan minuman di sini terjangkau. Jl. Boulevard Raya, Blok RA No. Serasa di Jogja, mampir ke angkringan di Fatmawati ini bisa ngemil sambil santai. Satenya sangat beragam seperti sate kikil, sate usus, ati ampela, kikil hingga telur puyuh. Makin enak disantap dengan nasi tempe atau nasi teri yang nikmat. Untuk minumannya ada ragam wedang. Tapi banyak orang memilih susu jahe hangat guna hangatkan perut. Oh ya, mampir ke sini tak usah bingung karena warung angkringan ditandai spanduk hitam dengan tulisan kuning yang menarik perhatian. Di seberang Beer Garden, Kemang, ada angkringan yang selalu ramai pembeli. Menunya sangat beragam dan dibanderol dengan harga murah. Nasi kucing, misalnya, sekitar Rp 3.000-5.000. Ada juga sate ati dan usus yang enak. Buka mulai pukul 6 sore, Angkringan Khas Tulung Agung juga punya sate kembang kol yang jadi favorit. Untuk menu nasinya ada nasi bakar ayam, nasi tongkol, nasi orek tempe, dan nasi sambel goreng ikan teri. Jangan lupa juga cicip sate tahu bumbu kacang di sini.

Sate kambing adalah menu yang mudah di dapat dimana saja, dan termasuk menu sejuta umat. Namun bila ingin mencoba sate dengan cara yang berbeda, baik rasa dan pengolahannya coba warung Sate Klathak Pak Pong. Cita rasa yang berbeda dikarenakan sate klathak Pak Pong ini menggunakan bumbu garam dan merica saja. Sate yang diolah dengan kambing muda ini, tekstur dagingnya sangat empuk saat digigit. Selain itu, cara membakar pun unik karena menggunakan tusuk dari baja ruji sepeda motor. Penggunaan tusuk baja dipercaya dapat membuat daging lebih empuk dan panas secara merata. Dalam 1 porsi kuliner jogja Sate Klathak isi nya 2 tusuk ya. Namun bukan berarti sedikit, karena 2 tusuk sate aja udah cukup banget buat 1 orang makan ditambah nasi putih. Karena potongan daging kambing muda di sini besar besar. Selain sate, di sini juga menjual berbagai macam menu lain yang enggak kalah enak. Salah satunya adalah nasi goreng kambing dan tongseng. Alamat : jalan Imogiri timur Km 10, Wonokromo, banthul, Yogyakarta. Jam Buka : Setiap hari, mulai 10.00 pagi sampai 00.00 tengah malam.

Baca Juga  : 8 Referensi Tempat Makan Seafood Yang Enak Di Jogja

Lokasi kuliner jogja ini disebut sebagai pelopor oseng-oseng di Jogja. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Disajikan dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul. Untuk makan di tempat ini mesti sabar karena harus antre. Dinamakan oseng mercon, karena pada saat memakannya rasa pedas begitu meledak di dalam mulut. Membuat pengunjung kepedasan bahkan sampai bercucuran keringat. Kuliner jogja ini memperoleh nama mercon, dari pemberian Cak Nun. Pada saat Beliau makan ditempat tersebut. Konon dalam sehari Bu Narti menghabiskan cabe hingga 10 kg. Daging koyoran yang dimasak dengan cabai yang banyak,membuat makanan yang sangat pedas di jogja ini. Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

Itulah mengapa dinamakan Mie Lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela, sehingga Mie Lethek dianggap lebih sehat dibanding jenis bakmi lainnya. Makanan khas Jogjakarta selanjutnya bisa kamu temukan di sekitar stasiun tugu atau daerah Bantul. Keunikan dari Soto Lenthok adalah lauknya yang berupa lenthok. Semacam perkedel yang terbuat dari singkong. Kalian pasti sudah pernah dengar yang namanya Ayam Geprek kan, Toppers? Ayam Geprek sebetulnya berasal dari Jogjakarta, namun, makanan khas Jogja ini pun juga sudah mulai merambat ke daerah di luar Jogja karena saking populernya! Ayam Geprek adalah ayam goreng yang digeprek dengan dan diberi cabai sesuai selera.

Makanan khas Jogjakarta berikutnya juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temanmu, Toppers! Oleh-oleh khas dari Jogja ini dapat kamu temukan di daerah Godean, tepatnya di Pasar Godean. Keripik Belut ini mampu bertahan lama sehingga cocok dijadikan buah tangan setelah Toppers berkunjung ke Jogjakarta. Sup Merah mempunyai keunikan tersendiri karena kuah sup yang biasanya bening, kini menjadi merah! Warna merah dari makanan khas Jogja ini dihasilkan dari campuran pasta cabai. Layak untuk dicoba karena keunikannya! Makanan khas Jogjakarta yang memiliki nama unik ini adalah kuliner berbahan dasar gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu rempah khusus.

8 Referensi Tempat Makan Seafood Yang Enak Di Jogja 8 Referensi Tempat Makan Seafood Yang Enak Di Jogja

Makananjogja.com – Jogja memang memiliki aneka ragam makanan yang mudah ditemui, termasuk makanan laut. Penggemar seafood juga semakin marak saat ini. Nah, buat kamu yang kelaperan, gak ada salahnya lho nyobain menu makanan seafood ini. Daripada harus jauh-jauh ke pantai duu kan? Beberapa referensi tempat makan seafood Jogja sudah penulis rangkum di sini. Biar pun namanya dominan tentang crab alias kepiting, tapi ada menu seafood lainnya yang menantimu kok. 1. Spesial Bebakaran Seafood. Salah satu tempat asyik makan seafood adalah spot satu ini nih. Di sini ada paket menu bumbu oles dan bumbu polos/colo-colo.

Harganya yang murah meriah juga bikin spot satu ini jadi serbuan mahasiswa. Lokasinya ada di Jl. Seokan Mataram (200 m timur OB). Sesuai namanya, Kepiting Incess menyediakan menu spesial kepiting asam manis pedas berlevel dan varian rasa. Selain kepiting, ada juga menu seafood lainnya seperti kerang, udang, cumi dan lobster. Datang aja ke Seturan Kuliner Foodcourt, guys. Spot makan seafood ini memang sudah populer karena menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan pilihan menu paket yang bisa kamu nikmati bareng teman-teman.

Tapi, tempat ini biasanya selalu ramai dan ngantri nih. So, datanglah lebih awal kalau ingin menikmatinya. Lokasinya sendiri ada di Jl. Perumnas dan di depan kampus Ekonomi UII. 4. Hot Chilli Crab. 10 Jenis Es Krim dengan Jumlah Kalorinya, Gak Semua Tinggi Kok! 10 Gejala Sebagai Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula, Bahaya Lho! Spot seafood satu ini menyediakan seafood bercitarasa oriental malay. Menu andalannya adalah The Musketeer & Jumbo Packages. Makan sama keluarga atau teman-teman cocok banget nih. Langsung aja di santap di Jl. 5. The Crabbys Crab Lobster and Friends. The Crabbys ini juga menyediakan beragam menu seafood loh, baik porsi kecil hingga menu untuk 16 orang. Wah, bisa pesta seafood di sini nih kalau ada acara ulangtahun atau gathering. Kalau ingin berpesta seafood di sini langsung aja deh meluncur ke Jl. Walaupun namanya bukan ‘crab’ tapi di sini juga menyediakan menu kepiting nih. Dan ukurannya pun ada yang besar.

Selain kepiting, ada juga lobster, aneka ikan, kerang, udang dan cumi dengan aneka saus pilihan. Datang aja ke lokasinya di Jl. Damai Gg. Watugede, Jogja. 7. Ikan Bakar Katombo. Kedai ikan bakar satu ini menyediakan menu spesial ikan bakar khas Sulawesi. Macam-macam menu ikan mulai dari kakap, gerik, moncong, black pas, napoleon, krapu lody, tuna, surung, bawal, baronang, kueh, barakuda, krapu batu, pihi, katombo dan selar ada di sini. Gak cuma itu, menu seafood lainnya juga ada di sini. Lokasinya ada di Jl. Rogoyudan 1 No. 8, guys. 8. Bintang Laut Seafood. Ada lagi nih spot seafood yang gak kalah enak. Bintang Laut Seafood juga menyediakan paket untuk kamu yang ingin merasakan beberapa jenis seafood dengan harga terjangkau. Lokasinya ada di Indogrosir Lt. 2 Jl. Magelang Km. Coba yang mana dulu nih?

Baca Juga  : Makanan Enak Dan Murah Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Warung ayam geprek Bu Rum menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Jogja selanjutnya, lokasinya ada di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta. Bagi pelajar Jogja, warung ini sangat populer sekali, rasanya yang mantap dan pedas membuat pengunjung yang pernah datang kesini pasti ketagihan. Menu andalannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal yang bisa di sesuaikan dengan selera anda. Selain dapat menikmati Ayam Geprek ini, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan tempe, sayur, tahu dan telur. Tidak heran kalau warung ayam geprek Bu Rum ini selalu ramai, karena harganya snagat murah sekali. Sudahlah enak murah lagi. Dengan Rp. 7000 saja kita sudah bisa menikmati sajian makanan di Ayam Geprek Bu Rum ini. Untuk dapat menikmati menu di Ayam Geprek Bu Rum ini anda harus datang ke tempat ini antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Ada banyak sekali penjual bakso di Jogja yang bisa anda cobain, salah satu yang terkenal adalah Bakso Idola. Bakso idola menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasi bakso Idola ada di kawasan Jalan Taman Siswa No. 138, tempat yang bernama Bakso Idola ini mampu menyajikan menu bakso yang sangat khas lezatnya.

6 Objek Wisata Malioboro Untuk Liburan Weekend 6 Objek Wisata Malioboro Untuk Liburan Weekend

Makananjogja.com – Kamu mau liburan di Malioboro, Yogyakarta weekend ini? Objek wisata di sekitar Malioboro mesti dimasukkan ke dalam list kunjungan. Bagi yang berencana ingin liburan ke Yogyakarta, jangan lupa mengunjungi beberapa objek wisata yang disuguhkan oleh kota pelajar ini. Jalan Malioboro terbentang dari Tugu Yogyakarta hingga perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Tidak lengkap rasanya kalau ke Jogja tidak membeli batik khas Yogyakarta. Oleh-oleh ini menjadi daya tarik Jogja di mata wisatawan. Pasar Beringharjo merupakan pusat perbelanjaan Malioboro.

Tidak saja batik, pasar ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas Jogja lainnya. Lokasi pasar ini terletak di Jalan Malioboro terus jalan ke selatan sampai di pertigaan Ngejaman belok ke kiri. Yang menjadi keistimewaan Malioboro adalah titik nol. Sebuah persimpangan yang menjadi favorit masyarakat sekitar dan wisatawan. Walaupun hanya sebuah persimpangan, titik nol ini bisa dibilang sebagai titik tengah kota Jogja. Lokasinya berada ditengah-tengah Keraton Jogja dan Jalan Malioboro. Objek wisata Malioboro yang satu ini menjadi tempat nongkrong untuk menghabiskan waktu dan berfoto-foto.

Pada sore hari dan malam hari selalu ramai disesaki wisatawan. Dengan dikelilingi bangunan bekas kolonial Belanda, membuat area ini seolah-olah sedang berada di negeri Belanda namun dengan lampu-lampu khas Jogja. Kawasan Malioboro terdapat banyak penginapan yang dapat dipilih menjadi tempat istirahat kita. Banyak penginapan dari harga rendah hingga hotel berbintang terdapat disepanjang kawasan Malioboro. Kawasan Malioboro juga terdapat banyak pedagang-pedagang makanan kaki lima dan pedagang yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Jogja. Aktivitas Malioboro di malam hari juga patut untuk dinikmati. Dimalam hari ada musisi jalanan yang memainkan alat-alat musik tradisional menghibur wisatawan yang datang di kawasan Malioboro. Para musisi ini menghibur dengan menyanyikan lagu-lagu yang disaksikan oleh para wisatawan yang berlalu lalang menikmati jalanan dikawasan Malioboro.

Andong atau becak yang ada di kawasan Malioboro juga bisa anda nikmati. Disepanjang jalanan Malioboro terdapat andong dan becak yang bisa anda sewa mengitari kawasan Malioboro tanpa rasa capek. Kita juga bisa menyewa andong atau becak ini di malam hari untuk menikmati lampu-lampu jalanan Malioboro. Pastikan dulu rute dan harganya kepada tukang becak dan kita juga bisa menawarnya. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang wajib dicoba. Di sepanjang jalan Malioboro banyak pedagang-pedagang kuliner lesehan salah satunya gudeg. Pada siang hari sudah banyak pedagang kuliner mulai buka, tapi pengunjung akan lebih ramai berdatangan pada malam hari. Mencicipi berbagai kuliner khas Jogja dapat kamu temukan disepanjang Jalan Malioboro. Di malam hari menjadi pilihan yang bagus untuk memburu kuliner dikawasan tersebut. Kita juga bisa menikmati kuliner dengan adanya hiburan oleh musisi-musisi jalanan dan lampu jalanan serta kendaraan yang melawati jalur searah tersebut. Pedagang pakaian dan aksesori juga bisa dijajaki untuk menemukan oleh-oleh apa yang akan dibawa pulang.

Gerbong-Gerbong yang Tak Pernah KosongDi Yogyakarta, angkringan dan nasi kucing seperti cendawan di musim hujan. Tersebar seantero provinsi, bisa sangat sulit menentukan angkringan mana yang patut dicoba. Sendang Ayu, dengan gerbong-gerbong angkringannya pantas dicoba. Pelanggan Datang Meski Menempuh Perjalanan PanjangMeskipun resepnya sederhana, ayam goreng Bu Sum punya pelanggan yang banyak. Warungnya yang berada di pinggir jalan sangat strategis memudahkan orang untuk mencarinya. Dari Dusun Semanggi, Mbah Cemplung Lawan Ayam KrispiDi tengah menjamurnya restoran cepat saji dengan menu ayam krispi, Mbah Cemplung tetap bertahan dengan ayam goreng rumahan sebagai menu andalan. Hadir dengan cara tradisional dan sederhana, ayam krispi pun ia lawan.

Baca Juga  : Resep Kue Geplak, Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Bersantap Seraya Mengenang Suasana Rumah EyangTak hanya kelezatan santapannya saja yang ditawarkan, namun juga suasana Jawa-tradisional yang membuat pengunjung akan mengarungi lorong waktu menuju masa silam. Pengunjung Mengular Karena Getok TularStrategi pemasaran Bakmi Mbah Mo hanya getok tular, agak tak selaras dengan era kecanggihan komunikasi saat ini. Namun, strategi ini terbukti telah mengundang jajaran pejabat tinggi dan mantan presiden untuk menikmati menu di warung ini. Ketika Bakmi Bisu Membuat Anda Kehilangan KataBakmi Shibitsu menghadirkan pengalaman membisu ganda saat mencicipnya.

Penjual yang bekerja tanpa kata menyiratkan etos kerja keras dan rasa bakmi yang sanggup membuat anda kehilangan kata singgah ke lidah. Pak Jam dan Baksonya yang Makin Dikunyah Makin Terasa DagingnyaTerselip di kampung Ironayan, warung bakso yang satu ini menyuguhkan bola-bola kenikmatan yang dipelajari dari ketekunan. Wisata Air yang Berpadu dengan Lezatnya Udang Bakar MaduPuas bersenang-senang di wahana air, langsung dilanjut dengan wisata kuliner. Sepiring udang bakar madu yang tersaji di meja terlihat sangat menggoda.

Makanan Asal Hamburg Versi JogjaMelegenda sejak tahun 1988, Burger Monalisa semakin memperkaya khazanah kuliner di Jogja. Roti, mayones, dan dagingnya yang homemade memiliki rasa khas Jogja. Memboyong Vintage Eropa ke Sisi JogjaEropa memang benua yang sangat populer di dunia. Benua yang memiliki beragam lanskap ini tentunya menjadi magnet bagi para wisatawan. Namun, tak perlu jauh-jauh berwisata ke sana, karena di Jogja pun kini kita bisa merasakan suasana Eropa. Ketika Pak Koki Restoran Memasak Bakmi di Pinggir JalanMakanan pinggir jalan tidak selalu memiliki rasa yang pas-pasan.