Minuman Daerah

5-Rekomendasi-MInuman-Tradisional-Khas-Jogja 5-Rekomendasi-MInuman-Tradisional-Khas-Jogja

makananjogja – Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang beragam. Setiap daerah biasanya memiliki sesuatu yang khas. Baik itu makanan atau minuman atau yang lainnya. Khusus minuman, pasti setiap daerah memiliki minuman tradisional yang menjadi khasnya masing-masing seperti halnya di Jogja.

Setiap daerah juga terkadang minuman tradisional yang ada bisa sama dengan ditempat lain. Di Jogja sendiri ada beberapa minuman tradisional yang masih bisa ditemui. Nggak terlalu sulit untuk menemukan minuman tersebut.

Berikut 5 minuman tradisional yang ada di Jogja:

1. Jamu Jawa Asli Tradisional

Minuman jamu jawa asli tradisional ini masih bisa ditemukan di Jogja. Aku sendiri udah pernah menuliskan jamu jawa asli tradisional ini sebelumnya. Mungkin hampir semua dipulau jawa ada jamu jawa asli tradisional ini. Namum biasanya ada beberapa perbedaan dari tiap-tiap daerah.

Jamu jawa asli tradisional ini banyak macamnya. Ada jamu beras kencur, kunir asem, galian singset, galian masuk angin, galian sawan kikir, pitan, uyub-uyub, watukan, sawan tahun (lansia), galian pegel linu,dan masih banyak lagi. Kalau aku biasanya minum yang beras kencur sih. Jamu ini banyak manfaatnya dan yang pasti bebas bahan pengawet. Kamu pernah nyobain yang mana?

2. Wedang Jahe

Tau dong wedang jahe? Yup minuman dari jahe ini memang banyak ditemukan diberbagai tempat di Indonesia. Minuman ini minuman sederhana yang bisa menghangatkan tubuh. Kandungan jahe banyak manfaatnya sehingga baik untuk dikonsumsi.

Di Jogja, wedang jahe masih bisa ditemui salah satunya di angkringan. Aku terkadang sering beli kalau lagi pingin. Bisanya enak kalau dicampur sama susu putih. Rasannya menyegarkan dan menghangatkan. Kamu pernah nyoba?

Baca Juga : Rekomendasi Wisata kuliner minuman khas Jogja

3. Wedang Ronde

Minuman yang satu ini bisa dibilang khasnya Kota Jogja. Nggak tau apakah ditempat lain ada, atau mungkin berbeda namanya. Kalau di Kota Jogja, wedang ronde ini masih banyak ditemukan terutama di dekat Alun-alun utara atau alun-alun selatan.

Minuman wedang ronde ini sebenarnya kalau aku minum rasanya seperti wedang jahe yang ada tambahannya. Tambahannya biasanya ada roti tawar, kacang, semacam cendol dan ada seperti bulatan putih. Wedang ronde ini enak terutama kalau diminum pas lagi dingin. Bisa buat menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan. Kamu pernah coba?

4. Air Tape Ketan

Minuman ini salah satu yang menarik menurutku. Kenapa? Sebelumnya aku belum pernah tau dan kepikiran kalau air tape bisa untuk minuman. Dan di Jogja aku bisa melihat air tape ini bisa di jadikan minuman yang banyak penikmatnya.

Air tape ketan ini merupakan benar-benar air tape ketan. Rasanya ya seperti tape pada umumnya. Aku sendiri pernah minum tapi udah jarang banget. Dan di Jogja sendiri, minuman tradisional ini masih bisa ditemukan diwarung-warung. Kamu pernah nyobai?

5. Wedang Uwuh

Dari 5 minuman yang aku tulis disini, minuman yang satu ini aku belum pernah coba. Nggak tau seperti apa rasanya, tapai kalau lihat bahannya yang masih bungkusan plastik pernah. Karena lumayan banyak dijual ditempat jual oleh-oleh. Dan sampai sekarang juga masih penasaran seperti apa rasanya.

Kalau menurut wikipedia, wedang uwuh ini adalah minuman yang bahan dari dedaunan mirip dengan sampah. Yang pasti kalau aku lihat yang masih bungkusan itu wujudnya banyak daunnya. Nggak tau rasanya seperti apa, tapi yang pasti ini sehat dan bermanfaat. Minuman ini salah satu khas dari Yogyakarta. Kamu udah pernah yobain?

Itu tadi 5 minuman tradisional yang ada di Jogja. Beberapa minuman diatas mungkin ada juga di tempat lain. Dan mungkin minuman tradisional yang umumnya banyak disukai adalah teh. Mungkin minuman ini udah nggak setradisional minuman yang ada diatas. Dan salah satu teh yang enak adalah produk dari Sariwangi.

 

Rekomendasi-Wisata-kuliner-minuman-khas-Jogja Rekomendasi-Wisata-kuliner-minuman-khas-Jogja

makananjogjaYogyakarta atau Jogja tidak hanya memiliki banyak tempat wisata yang indah, tapi ragam kulinernya pun memanjakan lidah. Makanya, berwisata kuliner di Jogja bakalan bikin nagih. Membahas kuliner Jogja, banyak sekali makanan ataupun minuman khas yang disukai wisatawan. Harganya pun beragam, dari yang murah hingga mahal.

Di Jogja banyak minuman yang dibuat menggunakan rempah-rempah yang khas. Karena itu, selain menghasilkan rasa yang khas, juga bisa untuk kesehatan tubuh kamu.

Nah kali ini, kami telah merangkum beberapa minuman khas Jogja yang harus kamu coba jika berkunjung ke Kota Yogyakarta ini. Meski minuman khas dan bahan dasarnya berbeda, harga jual untuk minuman khas Jogja cukup murah lho, jadi kamu tidak perlu khawatir soal harga.

1. Rujak es krim Pak Nardi.

Rujak-Es-Krim

 

 

 

 

 

 

 

 

Perpaduan rujak buah dan es krim memang cukup aneh, tetapi kuliner ini banyak digemari wisatawan ataupun penduduk lokal lho. Kuliner home made Pak Nardi ini cukup hits.

Buat kamu yang ingin mencoba kuliner unik ini bisa datang ke daerah Pakualaman pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Untuk harganya sangat murah, yakni Rp 6.000-an untuk satu porsinya.

2. Es buah PK.

esbuah-pk

 

 

 

 

 

 

Es buah yang sudah eksis sejak 1973 ini merupakan kuliner legendaris Yogyakarta. Lapak kaki lima ini selalu ramai pembeli setiap harinya.

Isi es buahnya juga berbagai macam, dari cincau hitam, alpukat, kelapa muda, sawo, es parut, dan susu cokelat. Gimana, menggoda kan?

Kamu bisa mencoba es buah legendaris ini dengan harga Rp 8.000-an saja. Lapak es buah ini berada di daerah Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis.

3. Wedang tahu Bu Kardi.

Wedang-tahu-Bu-Kardi

 

 

 

 

 

 

Buat kamu yang ingin mencoba minuman hangat, tapi dengan rasa yang berbeda, wedang tahu ini bisa menjadi pilihanmu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi daerah Jetis tepatnya di Jalan Kranggan No 75.

Wedang tahu Bu Kardi buka setiap hari pukul 06.30 hingga 11.00 WIB. Untuk harganya cukup dengan Rp 6.000-an kamu bisa menikmati wedang tahu ini.

 

Baca Juga : 5 Resep Masakan Khas Yogyakarta Yang Enak

4. Wedang ronde Mbah Payem.

Wedang-ronde-Mbah-Payem

 

 

 

 

 

 

 

Jika tadi ada wedang tahu, kali ini kamu harus coba wedang ronde khas Jogja. Salah satu wedang ronde yang ada di Jogja, wedang ronde Mbah Payem ini cukup terkenal.

Mbah Payem berjualan di daerah Jalan Kauman, Ngupasan, Gondomanan, setiap hari pukul 19.30 hingga 02.00 WIB. Untuk harganya sangat murah, yakni cuma Rp 5.000-an.

5. Kopi jos.

Kopi-jos

 

 

 

 

 

 

Minuman ini salah satu minuman yang terkenal dan khas di Yogyakarta. Kopi ini berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya, biji kopi untuk membuat kopi jos ini merupakan biji kopi tradisional yang berasal dari sekitar Jogja.

Ciri khas kopi jos ada penyajiannya dengan mencelupkan arang membara ke dalam seduhan kopi.

Selain itu, air yang untuk meyeduh kopi direbus dengan menggunakan ketel yang dipanasi bara arang.

Kamu bisa menikmati kopi ini di berbagai kedai angkringan di Jogja. Tapi ada salah satu angkringan yang terkenal dengan kopi jos-nya, yaitu angkringan Lik Man di utara Stasiun Yogyakarta. Kopi ini bisa dinikmati dengan harga Rp 5000-an saja.

6. Wedang uwuh.

Wedang-uwuh

 

 

 

 

 

 

 

Kali ini ada minuman yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus bagus untuk kesehatan. Wedang uwuh merupakan

minum khas Jogja yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat dan memiliki rasa manis juga pedas.

Wedang ini dibuat dari campuran berbagai macam rempah, salah satunya jahe dan secang yang membuat minuman ini terasa pedas dan berwarna merah. Kamu bisa menikmati wedang ini di berbagai angkringan atau membeli dalam bentuk sachet siap seduh di warung-warung.

Dengan harga sekitar Rp 3.500 kamu bisa menikmati wedang uwuh ini, dan jika ingin membeli yang sachet harganya sekitar Rp 2.000.

5-Rekomendasi-Minuman-Khas-Yogyakarta 5-Rekomendasi-Minuman-Khas-Yogyakarta

makananjogja – Yogyakarta dikenal sebagai kotanya para pelajar, karena sistem dan kualitas pendidikannya yang juga diakui sangat baik. Karena keistimewaan-keistimewaannya inilah, tak mengherankan jika Yogyakarta dijuluki sebagai salah satu daerah yang diberi gelar istimewa oleh pemerintah Indonesia. Istimewa kulinernya, budayanya, dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya.

Namun, tahukah kamu selain memiliki aneka ragam kuliner makanan yang enak-enak banget, Yogyakarta juga ternyata menyimpan aneka ragam minuman khas yang gak boleh terlewatkan untuk dicoba. Dari mulai yang hangat-hangat, hingga yang menyegarkan. Apa aja sih, yuk simak!

1. Kopi Jos

Kopi-Jos

 

 

 

 

 

 

 

 

Minuman yang satu ini mungkin cukup ekstrim bagi orang-orang yang baru mencobanya untuk pertama kali. Kenapa disebut seperti itu, karena kopi yang satu ini bisa menjadi berbeda dan istimewa dari kopi-kopi lainnya yaitu disebabkan karena adanya arang yang masih menyala yang dicelupkan ke dalam kopinya. Kopi yang masih panas akan diberi arang sehingga terlihat mendidih di dalamnya.

Dalam proses pembuatan kopi yang banyak dijual di warung-warung angkringan di Jogja ini, tidaklah menggunakan kopi sachet melainkan dengan kopi tumbukan asli sehingga rasa pekat yang dihasilkan dari minuman kopi jos ini begitu lezat dan istimewa.

2. Wedang Ronde

Wedang-Ronde

 

 

 

 

 

 

 

 

Minuman hangat yang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Apalagi sudah banyak terjual tidak hanya di daerah Jogja saja. Wedang ronde adalah minuman khas Tionghoa yang kemudian oleh masyarakat Jogja di akulturasi dan dibuat dengan cita rasa lokal sesuai dengan selera masyarakat Jogja.

Di negeri asalnya, ronde dikenal dengan nama tang yuan. Minuman ini memilih jahe sebagai bahan utama pembuatannya, serta sebagai penguat citarasa utama dari wedang yang satu ini.

Air jahe ini kemudian akan dicampurkan dengan gula dan diberi isian berbentuk bola kacang tanah giling yang sudah dicampur gula sehingga memiliki rasa manis.

Baca Juga : 7 Cafe Terkenal Di Jogja Yang Paling Sering DI Kunjungi

3. Es Semlo

Es-Semlo

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau minuman menyegarkan yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang di luar Jogja. Ya, es semlo adalah minuman khas keraton Yogyakarta dan menjadi salah satu minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Es semlo dibuat dengan berbagai bahan rempah yang membawa citarasa khas nusantara. Bahan-bahan rempah seperti cengkeh dan kayu manis ini pun akan dicampur dengan bahan utama pisang dan juga jeruk nipis.

Tak memakai bahan kimia sama sekali, bahkan untuk membuat warna dalam minumannya, cukup tambahkan kayu secang.

4. Rujak Es Krim

Rujak-Es-Krim

 

 

 

 

 

 

Minuman menyegarkan satu lagi yang juga wajib banget dicoba kalau sedang berkunjung ke Yogyakarta yaitu ada rujak es krim. Seperti namanya, minuman ini adalah perpaduan antara rujak buah-buahan yang kemudian diberikan es krim di atasnya.

Perpaduan antara rasa asam dari buah mangga hingga belimbing yang kemudian dipadukan dengan rasa asam pedas dari bumbu rujaknya, tampak semakin lezat karena dipadukan dengan dingin dan segarnya es krim. Konon, rujak es krim ini sudah ada di Yogyakarta sejak tahun 1990 loh.

5. Wedang Uwuh

wedang-uwuhh

 

 

 

 

 

Wedang hangat khas Imogiri, Yogyakarta ini dikenal memiliki nama yang terkesan unik. Wedang yaitu berarti minuman dalam bahasa jawa dan uwuh yang berarti sampah. Disebut demikian karena memang dalam pembuatannya, dedaunan yang menjadi bahan utama wedang uwuh ini dibiarkan berada di dalam gelas dan bertaburan bak sampah dedaunan.

Selain dapat menghangatkan badan, wedang yang juga banyak menggunakan bahan-bahan rempah serta kayu secang sebagai pewarna alaminya ini diketahui memiliki banyak sekali manfaat herbal.

Nah, itulah beberapa daftar minuman khas Yogyakarta yang recommended banget untuk dicoba. Diantara kelima daftar di atas, mana nih yang paling bikin ngiler buat dicoba?