Info Makanan Jogja

Kedai Gudeg Tengah Malam di Jogja – Seperti yang kita semua ketahui bahwa Jogja memiliki banyak sekali aneka kuliner yang dapat membuat kita ingin memakannya. Jogja bukan hanya terkenal dengan makanan yang buka di siang hari saja tapi juga di malam hari. Jogjakarta dikenal sebagai kota gudeg. Tak heran jika kamu dapat dengan mudah menemui warung gudeg di Jogja. Tapi tidak semua warung gudeg buka di malam hari, lho!

Berikut deretan gudeg legendaris di Jogja yang berjualan di malam hari dan selalu ramai pembeli. Simak, yuk!

Kedai Gudeg Tengah Malam di Jogja

1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak rasa yang “khas” dari gudeg yang satu ini. Gudeg Mercon ini menawarkan gudeg yang memiliki rasa pedas yang berbeda dari gudeg pada umumnya. Rasa pedas gudeg mercon berasal dari irisan cabai hijau dan cabai merah yang jumlahnya terbilang banyak.

Lapak dari gudeg mercon sendiri memang tidak terlalu besar dan dijual dengan model lesehan. Bahkan para pembeli pun rela antri dan makan di atas trotoar di pinggir jalan demi menikmati satu porsi dari gudeg ini. Rasanya yang khas memang selalu membuat rindu orang-orang yang telah mencicipinya. Gudeg Mercon Bu Tinah sendiri buka dari pukul 21.00 WIB hingga dagangannya habis, biasanya hingga pagi.

2. Gudeg Yu Tekluk (Gudeg Bromo)

Gudeg Bu Tekluk atau yang lebih dikenal dengan nama Gudeg Bromo berada di Jalan Gejayan, dekat Gang Bromo, Mrican.

Di sini Anda bisa memesan tipikal Gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam merupakan sajian utama dari warung tenda ini.

Kedai ini buka dari 23.00 – 05.00 WIB. Bisa jadi alternatif tempat makan dan sahur selama bulan Ramadhan.

3. Gudeg Pawon

Pawon dalam bahasa Indonesia berarti dapur, seperti namanya kedai ini memang dijual di dapur. Para pembelinya bebas masuk ke dalam dapur dan mengambil pesanannya. Terletak di daerah Warungboto, Glagahsari, gudeg ini juga salah satu gudeg ‘malam’ paling terkenal.

Cobalah sesekali ke sini jika ingin menikmati sahur dengan suasana Yogyakarta yang kental.

Baca Juga : Rekomendasi Cafe Jogja dengan Pemandangan Langit

4. Gudeg Permata

Gudeg ‘malam’ satu ini memiliki rasa manis yang khas. Pilihan lauk pauk yang lengkap juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta gudeg. Gudeg permata sendiri berada di sekitar daerah Pakualaman dan tergolong cukup strategis karena terletak di samping beberapa hotel yang kerap menjadi tempat menginap para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Rasa manis yang otentik sangat terasa begitu sesuap gudeg dan ayam kampugnya sampai di mulut kita. Ayam kampung, telor bulat, krecek, tempe dan tahu bacem juga tersedia dan siap menemani santap sahur Anda. Harga yang cukup terjangkau juga menjadikan gudeg ini tidak pernah sepi disambangi pengunjung. Mulai buka dari jam 20.30 WIB, Gudeg Permata siap memuaskan rasa penasaran Anda akan rasa manis khas gudeg Jogja.

5. Gudeg Mbak Sasha

Gudeg Mbak Sasha adalah tempat favorit para mahasiswa. Buka pukul 22.00 WIB hingga dini hari dan rasanya cenderung gurih. Dilapisi dengan daun pisang, menikmati gudeg di sini akan bikin ketagihan.

makanan jogja makanan jogja

10 Kuliner Jogja Enak dan Hits yang Harus Kamu Coba! – Mampir ke Jogja? Jangan sampai lewatkan kulinernya. Ada banyak kuliner Jogja yang bisa kamu coba. Apa saja ya? Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata primadona di kalangan pecinta travelling. Bukan hanya destinasi wisata alam yang menarik, wisata kuliner pun turut memikat hati para pelancong.

jogja

Yuk intip, berikut ini 10 kuliner Jogja yang bikin kamu ketagihan untuk balik ke kota istimewa ini.

1. Gudeng Mercon Bu Tinah

Kalau kamu bosan dengan cita rasa manis gudeg, patut kamu coba kuliner satu ini nih. Penikmat gudeg pedas cocok datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah yang sudah ada sejak 1992, tepatnya berada di kawasan belakang Pasar Kranggan Jogja.

Tempat wisata kuliner ini terletak di pinggir jalan dengan menyediakan baskom yang berisi variasi lauk pauk mulai dari olahan gudeg, semur telur, ceker, ayam kampung dan sate ayam. Adapun, gorengan kriuk berupa ceker krispi, mendoan dan bakwan.

Dan, yang spesial dari warung makan ini ialah sambal mercon yang terdiri dari krecek, tempe dan olahan cabai. Menariknya, warung ini menyiapkan bahan baku cabai sebanyak 5 kg untuk membuat si sambal mercon ini loh Detikers.

GUdeg Mercon Bu Tinah
Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
Buka pukul 21.00-02.00 WIB
Harga Rp 15.000-25.000

2. Mi Ayam Bu Tumini

Selanjutnya, terdapat kuliner Jogja hits yang wajib nih kamu kunjungi buat kamu para pecinta mi, yaitu Mi Ayam Bu Tumini. Kuliner ini memiliki ciri khas kuah coklat yang kental dengan lauk ayam atau ceker, sudah berjualan sejak tahun 1990.

Kamu bisa menemukan warung mi ini yang terletak di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan. Dengan penyajian porsi jumbonya, kuliner mi ini termasuk dalam kuliner jogja murah yang bisa kamu cicip. Biasanya, warung mi ayam ini menghasbiskan sekitar 700 per hari dan 50 kg ayam loh, Detikers, jangan sampai kehabisan ya.

Mi Ayam Bu Tumini
Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Telp:(0274) 410334
Buka pukul 10.00-17.00 WIB
Harga Rp 8.000-22.000

3. Walang Goreng Pak Gareng

Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dijadikan cemilan. Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja ialah Walang goreng Pak Gareng. Sebelum proses pengolahan, kuliner jogja yang enak ini dibersihkan terutama pada bagian sayap.

Soal rasa, jangan khawatir Detikers, ada banyak varian rasa bumbu yang ditawarkan seperti gurih, pedas hingga bacem. Untuk membuat walang goreng ini memerlukan bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai besar, cabai rawit, merica dan garam. Nah, gimana tertarik mencobanya, Detikers?

Walang Goreng Pak Gareng
Jalan Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Telp:0813-3260-4081
Buka pukul 08.00-21.00 WIB
Harga Rp 35.000 per toples

4. Sate Kere Beringharjo

Kuliner berikutnya ialah kuliner Jogja Malioboro. Warung sete ini tepatnya berada di sekitaran Pasar Beringharjo. Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi khususnya sate bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.

Penyebutan nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokasi penjualan yang terletak di emperan pasar dan harga yang murah meriah makanya kuliner ini termasuk kuliner jogja murah. Meskipun begitu banyak pembeli sate ini yang mengaku menjadi pelanggan setia sejak dulu loh Detikers.

Sate Kere Beringharjo
Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan
Buka pukul 08.30-17.00 WIB
Harga mulai Rp 3.000-4.000 per tusuk sate

Baca Juga : Resep Mie Nyemek Jogja yang Patut Dicoba

5. Kalimilk Jogja

Kalau di Bogor ada Cimory, Jogja punya Kalimilk nih Detikers. Di Jogja, terdapat salah satu kuliner hits lainnya, yaitu Kalimilk yang menawarkan aneka produk olahan susu.

Kalimilk memiliki konsep kafe modern dengan desain semi terbuka. Cafe ini juga memiliki sebutan unik bagi para pelanggannya, yaitu ‘Neneners’. Varian rasa susu di sini antara lain cookies, durian, dan coklat. Juga kamu bisa memesan dengan dua ukuran, yaitu porsi medium hingga porsi gajah loh Detikers, wah, siapkan ruang untuk perutmu ya.

Kalimilk Jogja
Kaliurang St No.KM. 4.9, Kocoran, Caturtunggal, Depok Sub-District
Jam buka pukul 09.00-habis
Harga mulai dari RP 6.000-20.000

6. Es Buah PK 1973

Siapa sih yang menahan godaan kesegaran dari Ss Buah PK. Cari yang segar-segar di Jogja, tepatnya di kawasan jalan Pakuningaratan Jogja nih Detikers. Semangkok es buah PK berisi buah nangka, nanas, sawo, kelapa muda, serutan es, susu coklat dan cincau hitam.

Selain rasanya yang enak, pelanggan tertarik untuk menikmati es ini karena harga yang cukup terjangkau. Jam pengunjung akan ramai saat siang hari, selain menikmati segarnya es buah, juga menikmati menu bakso di sana.

Es Buah PK
Jl. Pakuningratan No. 76 A, Cokrodiningratan, Jogja
Buka pukul 10.00-18.00 WIB
Harga mulai Rp 8.000

7. SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC adalah singkatan dari kata Sego Pecel atau nasi pecel. Kuliner satu ini merupakan salah satu kuliner legendaris sejak tahun 1959. Dulu sego pecel ini hanya bisa dinikmati di kantin Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kehutanan, UGM Jogja.

Cita rasa bumbu pecel ini rasanya cenderung manis, khas masakan Jogja. Pilihan lauknya antara lain tempe, telor ceplok, sate usus, sate telur puyuh, sate usus, dan ayam goreng. Selain cita rasa nusantara, kamu bisa lebih merasakan suasan Jogja tempo dulu dengan irisian musik akustik, mulai dari keroncong hingga nostalgia.

SGPC Bu Wiryo 1959
Jl. Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram
Buka pukul 07.00-20.00 WIB
Harga mulai Rp 19.000

8. Lumpia Samijaya

Lumpia memang identik dengan kuliner khas Semarang, tapi di Jogja kamu bisa menemmukan lumpia enak yang sudah berjualan sejak 40 tahun lalu.

Lumpia khas Jogja ini memiliki isian berupa campuran daging ayam, bengkoang, dan telur puyuh. Jajan ini bisa kamu temukan di sekitar kawasan Maliboro, cocok untuk semilan saat kamu berkeliling di kawasan ini Detikers.

Lumpia Samijaya
Jalan Malioboro Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta
Buka pukul 10.00 – 16.00
Telp: 0877 3824 0558
Harga mulai dari Rp3.500 – Rp4.000 per buah

9. Soto Sampah

Saat kamu berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencoba kuliner Jogja malam hari yang tak kalah enak. Salah satunya ialah Soto Sampah, eits jangan heran dulu ya karena penamaan kuliner ini berasal dari para pelanggan. Dulu, soto ini dinamakan dengan Soto Simak atau Soto Becak karena sebagian besar pelanggannya ialah tukang becak.

Sejak 1970, soto ini merupakan kuliner asli Indonesia, penyebutan kuliner ini karena memanfaatkan gajih sapi dan pendamping lain sehingga membuat penampilan di mangkok berantakan. Satu porsi soto ini berupa irisan kol, tauge, bihun, daging gajih dan siraman kuah soto.

Soto Sampah
Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
Buka 24 jam
Harga mulai Rp 6.000

10. Bakmi Jawa Mbah Gito

Menu bakmi jawa juga menjadi salah satu kuliner Jogja legendaris loh Detikers. Warung bakmi satu ini menyajikan menu bakmi godhog dan goreng juga terdapat menu lain seperti nasi goreng. Warung ini rupanya dulu bekas kandang sapi.Nyatanya, keunikan inilah yang membuat pengunjung bakmi tertarik untuk membeli selain rasanya yang enak.

Tapi, tenang saja warung bakmi ini sudah didesain ciamik mengikuti tren kekinian. Kamu akan menemukan spot foto instagenic yang akan menyambutmu.

Bakmi Jawa Mbah Gito
Jl. Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta
Buka pukul 11.00-23.00 WIB
Telepon: 0852-2840-8800

Nah itu dia kuliner makanan jogja yang enak dan hits yang harus banget kamu coba jika kesana, semoga artikel ini membantu

Tempat Makan Gudeg yang Ikonik di Jogja  Tempat Makan Gudeg yang Ikonik di Jogja 

Tempat Makan Gudeg yang Ikonik di Jogja – Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami dapat menyempurnakan artikel yang sudah kami kumpulkan dengan data-data dari sumber yang terpercaya mengenai tempat makan gudeg yang ikonik di Jogja.

Belum ke Yogyakarta jika belum makan gudeg, padahal banyak tempat makan gudeg Jogja yang variatif. Well, Jogja dan gudeg memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Juga, tentunya ada alasan tersendiri mengapa Jogja mendapat nickname sebagai kota gudeg, karena kekhasan tersendiri dan hampir semuanya ngangenin. Tidak percaya? Mungkin karena kamu belum sekalipun ke Jogja dan merasakan cita rasa gudeg sebagai kuliner khas kota pelajar ini.

Namun demikian, tidak semua warung makan yang menyajikan gudeg sebagai menu utamanya memiliki cita rasa ikonik. Tempat makan gudeg di Jogja, yang jumlahnya ribuan, ternyata hanya beberapa saja yang menawarkan rasa yang ikonik dan istimewa, yang membuat kamu akan memiliki kesan mendalam dan sulit melupakannya.

Jadi, jika kamu berniat pergi ke Jogja untuk pertama kalinya, dan merasakan cita rasa khas gudeg, delapan tempat ini menjadi rekomendasi yang tepat mendapatkan sensasi betapa manisnya kuliner khas Jogja ini, seperti setiap kenangan dan perjalanan serumu di kota ini. Simak, yuk!

1. Gudeg Yu Djum yang Melegenda di Jogja
Berdiri sejak 1951, Gudeg Yu Djum bisa dikatidakan sudah menjadi salah satu gudeg Jogja yang ikonik ini. Tentunya bukan tanpa alasan gudeg yang dirintis oleh Djuwariyah itu bisa begitu dikenal oleh hampir semua orang.

Gudeg kering, dan pastinya manis juga, menjadi ciri khas Gudeg Yu Djum. Gorinya, alias nangka muda yang digunakan, berasal dari wilayah Prembun, Kebumen sedangkan ayamnya menggunakan ayam kampung dan telurnya dari telur bebek. Dengan tambahan areh kental dan sambal krecek, Gudeg Yu Djum dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang!

Gudeg Yu Djum
Lokasi: Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: mulai dari 9,000 IDR untuk satu porsi nasi gudeg

2. Gudeg Permata Bu Pujo, Spot Wajib Kuliner Malam di Jogja
Kamu tidak harus khawatir jika perut mulai keroncongan di malam hari kala berwisata ke Jogja karena banyak pilihan spot untuk kuliner malam, termasuk di antaranya tempat untuk menyantap gudeg yang manis dan gurih ini.
Gudeg Permata Bu Pujo buka mulai pukul 20.30 tetapi kamu mungkin harus antri untuk bisa merasakan melegendanya rasa dari gudeg di sisi barat gedung bioskop Permata ini. Sedikit bocoran, kamu akan merasakan gabungan rasa manis dan gurih dalam daging ayam kampung yang lembut, telur yang kenyal dan sambal krecek yang mengigit lidah. Gudeg Permata Bu Pujo harus masuk dalam daftar jujukan tempat makan gudeg Jogja kamu, ya!

Gudeg Permata Bu Pujo
Lokasi: Jalan Gajah Mada, RT. 36 / RW. 07, Purwo Kinanti, Gunungketur, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

3. Menikmati Gudeg di Tengah Dapur ala Gudeg Pawon
Ingin mencoba masakan gudeg langsung di ‘pabriknya’? Mengapa tidak langsung mengunjungi Gudeg Pawon di wilayah Umbulharjo, Jogja. Tapi kamu kudu siap antri setidaknya satu jam di tengah malam untuk bisa menikmati sajian khas ini. Tapi, dijamin worth it banget, kok!
makanan langsung di dapur orang menjadikan Gudeg Pawon suatu pengalaman kuliner tersendiri. Apalagi kamu bisa melihat langsung aktivitas pemilik ‘pawon’ memasak dengan tungku tradisional yang pastinya akan sangat menarik!

Gudeg Pawon
Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 11,000 IDR untuk satu porsi nasi gudeg

Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba

Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut mengenai makanan jogja terpopuler yang waib anda coba.

Bicara tentang kota Yogyakarta tidak akan ada habisnya. Selain terkenal dengan kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan kota wisata dan kuliner yang menarik. Kuliner khas Yogyakarta tidak hanya bisa dinikmati di siang hari tetapi juga di malam hari dan tidak pernah sepi. Kuliner Yogyakarta siap menggoyang lidah para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Berikut 7 Makanan Khas Yogyakarta Terpopuler versi digiku.com :
1. Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka. Gudeg ada tiga macam yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Perbedaan antara gudeg basah dan kering hanya teksturnya gudeg kering dimasak lebih lama sehingga teksturnya lebih kering dan cenderung lebih manis dan warnanya lebih coklat. Lain halnya dengan gudeg manggar terbuat dari bunga kelapa. Gudeg jogja biasanya dinikmati dengan sambel goreng krecek, telur, dan tempe. Gudeg sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan.
2. Angkringan Jogja

Angkringan adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Jogjakarta. Penjualan angkringan juga sangat unik yaitu berbentuk gerobak dorong seperti kaki lima sangat populer. Angkringan jogja bermula dari perantauan seorang mbak Pairo dari Klaten, kemudian usaha ini terus berkembangdan diteruskan oleh Likman putranya. Tidak heran jika angkringan yang terkenal adalah angkringan Likman. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih polos yang diberi isian oseng tempe, oseng teri, atau sambel dan dibungkus menggunakan daun pisang. Selain nasi, juta tersedia berbagai macam lauk berupa sate yaitu seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan berbagai gorengan. Selain makanan di angkringan kita juga menemukan minumannya yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara. Usaha angkringan sudah menjamur di kota jogja bahkan sudah ada di beberapa kota di Indonesia.
3. Oseng Mercon

Oseng mercon terbuat dari tumis tetelan sapi yang lezat dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma kuat. Selain tetelan sapi, bagi anda penggemar seefood sudah tersedia oseng mercon oseng cumi dan udang juga. Bahan yang digunakan untuk membuat oseng mercon yaitu tetelan daging sapi, cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, jahe, lengkuas, garam dan gula merah. Sesuai dengan namanya cara pembutan oseng mercon dengan cara di oseng dan dari segi rasa oseng mercon ini sangat meledak di mulut yang berasal dari cabai rawit. Bagi orang yang senang makan pedas oseng mercon ini bisa dijadikan salat satu pilihan makanan. Oseng mercon ini lebih mudah ditemui malam hari di tempat lesehan.

Baca Juga:Kuliner Jogja 24 Jam

4. Sate Klathak

Sate klathak ini berasal dari Imogiri Bantul. Sate Klathak terbuat dari daging kambing. Jika kita lihat nama sate yaitu klathak, hal ini disebabkan dalam proses pemasakan hanya menggunakan garam jadi ketika sate dibakar menimbulkan bunyi klathak. Hal yang membedakan sate klathak dengan sate lainnya yaitu penusuk sate dan bumbu yang digunakan. Penusuk sate klathak terbuat dari jerusi besi sepeda. Bumbu yang digunakan untuk membuat sate hanya garam. Biasanya sate akan lebih mantap jika dinikmati dengan nasi yang disiram kuah gulai dan irisan cabe.

Kuliner Jogja 24 Jam Kuliner Jogja 24 Jam

Kuliner Jogja 24 Jam – Bagi kalian yang sering merasa lapar di jam-jam malam, dalam artikel  ini terdapat rekomendasi kuliner jogja yang uka sampai 24 jam.

Aktivitas di Yogyakarta hampir berlangsung selama 24 jam. Jadi gak ada kata bosan, deh selama kamu berada di sana. Salah satunya seperti Jalan Malioboro hingga Tugu, termasuk kuliner yang tersedia setiap saatnya.

Jangan hanya tertidur pulas di hotel, coba deh cicipi 10 kedai kuliner tengah malam berikut ini. Dijamin kelezatannya siap menggoyah lidahmu.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon buka dari pukul 22.00 hingga dini hari. Gudeg dengan suasana rumahan jadi andalan warung yang berada di Jalan Janturan, Warungboto, Umbulharjo ini. Harganya murah banget, seporsi berkisar Rp 20 ribu saja. Karena peminatnya banyak, siap-siap sabar mengantre ya.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan dan Yogyakarta jadi dua hal yang gak terpisahkan. Kamu yang ingin menikmati suasana lesehan dengan suguhan makanan yang lezat, maka Angkringan Lik Man yang berada di Jalan Wongsodirjan bisa jadi pilihan. Bukanya dari pukul 18.00 hingga tengah malam. Soal harga, kamu sudah bisa makan, ngemil dan minum dengan Rp 10 ribu saja.

3. Oseng-oseng Bu Endang

Oseng-oseng Bu Endang jadi salah satu yang paling nendang di Kota Sultan. Kamu bisa mampir pada pukul 18.00-24.00. Menu oseng-oseng lezat ini bisa kamu nikmati di Jalan Adi Sutjipto dengan Rp 20 ribu sudah termasuk minum. Murah dan enak, gak ada alasan untuk gak ke sana deh.

Baca Juga :Kuliner Hits Jogja

4. Nasi Rames Demangan

Kamu yang sedang berlibur ke Yogya dan tiba-tiba lapar tengah malam, Nasi Rames Demangan cocok banget buat makan enak tengah malam. Lokasinya mudah ditemukan seperti namanya, berada di Jalan Demangan. Buka dari pukul 20.00 hingga dini hari, makan di sini dijamin masih panas dari kompor langsung. Seporsinya hanya Rp 10 ribu, lho.

5. Mi Ayam Grabyas

Pengen makanan berkuah tengah malam? Datanglah ke Mi Ayam Grabyas yang buka mulai pukul 24.00. Mi yang terletak di Jalan Malioboro tepatnya depan Hotel Inna Garuda dikenal antre pake banget. Demi menikmati seporsi mi ayam lezat seharga Rp 18 ribu, kamu harus sabar ya.

Kuliner Hits Jogja Kuliner Hits Jogja

Kuliner Hits Jogja – Jogja menjadi salah satu kota dengan banyak tempat wisata, bukan hanya tempat wisata di jogja juga memiliki banyak kuliner-kuliner yang menarik.

Mampir ke Jogja? Jangan sampai lewatkan kulinernya. Ada banyak kuliner Jogja yang bisa kamu coba. Apa saja ya?

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata primadona di kalangan pecinta travelling. Bukan hanya destinasi wisata alam yang menarik, wisata kuliner pun turut memikat hati para pelancong.

Yuk intip, berikut ini kuliner Jogja 2019 yang bikin kamu ketagihan untuk balik ke kota istimewa ini.

1. Gudeng Mercon Bu Tinah

Kalau kamu bosan dengan cita rasa manis gudeg, patut kamu coba kuliner satu ini nih. Penikmat gudeg pedas cocok datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah yang sudah ada sejak 1992, tepatnya berada di kawasan belakang Pasar Kranggan Jogja.

Tempat wisata kuliner ini terletak di pinggir jalan dengan menyediakan baskom yang berisi variasi lauk pauk mulai dari olahan gudeg, semur telur, ceker, ayam kampung dan sate ayam. Adapun, gorengan kriuk berupa ceker krispi, mendoan dan bakwan.

Dan, yang spesial dari warung makan ini ialah sambal mercon yang terdiri dari krecek, tempe dan olahan cabai. Menariknya, warung ini menyiapkan bahan baku cabai sebanyak 5 kg untuk membuat si sambal mercon ini loh Detikers.

GUdeg Mercon Bu Tinah
Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
Buka pukul 21.00-02.00 WIB
Harga Rp 15.000-25.000

2. Mi Ayam Bu Tumini

Selanjutnya, terdapat kuliner Jogja hits yang wajib nih kamu kunjungi buat kamu para pecinta mi, yaitu Mi Ayam Bu Tumini. Kuliner ini memiliki ciri khas kuah coklat yang kental dengan lauk ayam atau ceker, sudah berjualan sejak tahun 1990.

Kamu bisa menemukan warung mi ini yang terletak di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan. Dengan penyajian porsi jumbonya, kuliner mi ini termasuk dalam kuliner jogja murah yang bisa kamu cicip. Biasanya, warung mi ayam ini menghasbiskan sekitar 700 per hari dan 50 kg ayam loh, Detikers, jangan sampai kehabisan ya.

Mi Ayam Bu Tumini
Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Telp:(0274) 410334
Buka pukul 10.00-17.00 WIB
Harga Rp 8.000-22.000

3. Walang Goreng Pak Gareng

Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dijadikan cemilan. Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja ialah Walang goreng Pak Gareng. Sebelum proses pengolahan, kuliner jogja yang enak ini dibersihkan terutama pada bagian sayap.

Soal rasa, jangan khawatir Detikers, ada banyak varian rasa bumbu yang ditawarkan seperti gurih, pedas hingga bacem. Untuk membuat walang goreng ini memerlukan bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai besar, cabai rawit, merica dan garam. Nah, gimana tertarik mencobanya, Detikers?

Walang Goreng Pak Gareng
Jalan Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Telp:0813-3260-4081
Buka pukul 08.00-21.00 WIB
Harga Rp 35.000 per toples

Baca Juga :Tempat Nongkrong Malam Hari di Jogja

4. Sate Kere Beringharjo

Kuliner berikutnya ialah kuliner Jogja Malioboro. Warung sete ini tepatnya berada di sekitaran Pasar Beringharjo. Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi khususnya sate bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.

Penyebutan nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokasi penjualan yang terletak di emperan pasar dan harga yang murah meriah makanya kuliner ini termasuk kuliner jogja murah. Meskipun begitu banyak pembeli sate ini yang mengaku menjadi pelanggan setia sejak dulu loh Detikers.

Sate Kere Beringharjo
Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan
Buka pukul 08.30-17.00 WIB
Harga mulai Rp 3.000-4.000 per tusuk sate

Asal-Usul-Makanan-Gudeg-Abad-Ke-15 Asal-Usul-Makanan-Gudeg-Abad-Ke-15

makananjogja – Menurut sejarahnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, gudeg sudah muncul sejak tahun 1500-an. Makanan ini hadir saat pembangunan Kerajaan Mataram di Alas Mentaok. Di wilayah tersebut banyak tertanam pohon nangka yang menghasilkan buah melimpah. Banyaknya buah nangka tersebut membuat masyarakat setempat memutar otak untuk mengolahnya menjadi berbagai macam sajian.

Terutama jenis nangka muda (gori) yang seringnya tak terpakai. Kemudian nangka muda tersebut diolah dengan cara direbus selama beberapa jam hingga teksturnya empuk. Dalam proses memasaknya tersebut nangka diberi tambahan bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, santan dan tentunya gula aren atau gula jawa. Warna kecokelatan dari gudeg pun dihasilkan oleh gula aren yang meresap ke dalam daging buahnya.

Makanan khas ini awalnya merupakan makanan yang hanya dikonsumsi oleh masyarakat biasa saja, untuk menyiasatinya masyarakat yang kebanyakan adalah para pekerja, membuat makanan dari nangka muda itu. Hal ini dilakukan agar para pekerja mendapat asupan makanan. Karena jumlah nangka tersebut banyak, dimasaklah dalam porsi yang besar. Dalam memasak nangka tersebut para pekerja menggunakan alat pengaduk berupa alat menyerupai dayung perahu. Teknik mengaduk tersebut dalam bahasa Jawa disebut hangudek atau hangudeg, akhirnya dari situlah nama gudeg berasal.

Pada tahun 1600-an gudeg semakin populer sebagai salah satu sajian yang dihidangkan untuk tamu kerajaan. Pada saat itu, Raden Mas Cebolang singgah ke padepokan Pangeran Tembayat yang saat ini berada di wilayah Klaten. Di sana Pangeran Tembayat menjamu tamunya yang bernama Ki Anom dengan beragam makanan dan salah satunya adalah gudeg. Semakin populernya gudeg membuatnya menjadi sajian spesial untuk para raja lainnya. Seiring perkembangan zaman, gudeg mulai dikenal oleh masyarakat luas hingga ke luar daerah.

Baca Juga :5 Rekomendasi MInuman Tradisional Khas Jogja

Jenis gudeg sendiri terbagi menjadi dua macam yakni gudeg basah dan gudeg kering. Namun, gudeg basah lebih dahulu dikenal dan dikonsumsi masyarakat Tanah Air. Lama ke lamaan, gudeg pun berinovasi dengan hadirnya gudeg kering. Bahkan saat ini, gudeg sudah ada yang dikemas dengan kaleng (gudeg kalengan) sehingga mudah dibawa kemana-mana dan praktis tinggal makan.

Ada kampung gudeg di Yogyakarta

Di Yogyakarta terdapat satu sentra wisata gudeg yang populer, tepatnya berada di daerah Wijilan. Kampung gudeg tersebut sengaja dibangun pemerintahan setempat untuk melestarikan makanan bercita rasa manis itu, tepatnya tempat tersebut dibangun pada tahun 1970-an.

Bermula dari kampung itulah, kini banyak rumah makan yang menyajikan gudeg-gudeg terkenal dengan ciri khasnya masing-masing. Sebut saja, Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata, Gudeg Bu Tjitro, dan masih banyak lagi rumah makan gudeg lainnya. Bahkan saat ini, ada juga sajian gudeg bercita rasa super pedas yang disebut gudeg mercon.

Ya, di masing-masing rumah makan tersebut, memiliki ciri khas penyajian yang berbeda-beda. Hanya saja yang membuat tampilannya menjadi seragam adalah lauk pelengkapnya seperti opor ayam, kerecek, dan telur pindang yang juga selalu tersaji dalam seporsi nasi gudeg. Kalau kamu, suka jenis gudeg yang seperti apa?

Beberapa-Makanan-Khas-Yogyakarta-yang-Wajib-Di-Coba Beberapa-Makanan-Khas-Yogyakarta-yang-Wajib-Di-Coba

makananjogja – Berikut merupakan ulasan dari kami mengenai Beberapa Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Di Coba. Jogjakarta merupakan kota yang kaya akan budaya, keramahan, dan tentu saja kuliner khasnya. Jogja memiliki banyak makanan khas yang unik dan tentunya tak kalah nikmat yang wajib Toppers coba jika berkunjung ke kota ini! Yuk simak 31 kuliner khas Jogjakarta berikut ini

Makanan dan Kuliner Khas Jogjakarta yang wajib anda coba

1. Gudeg

Nasi-Gudeg

 

 

 

 

 

 

Makanan khas Jogjakarta yang pertama ini pasti tidak terdengar asing, bukan? Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja yang ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas jogja ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

2. Krecek

krecek

 

 

 

 

 

Nah, makanan khas Jogja berikutnya juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg, Toppers. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan. Banyak orang yang suka memakan Krecek bersama Gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

3. Bakpia Pathuk

Bakpia-pathok

 

 

 

 

 

 

Kalau sedang berada di Jogja dan ingin membawa oleh-oleh khas Jogjakarta untuk keluarga dan teman, tak perlu bingung, Toppers! Hal ini karena ada makanan khas Jogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk! Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Jogja ini paling sering dijadikan oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga oleh para turis, Toppers.

 

Baca Juga : Makanan Enak Dan Murah Yang Cocok Untuk Mahasiswa

 

4. Oseng-oseng Mercon

oseng-mercon

 

 

 

 

 

Bagi kalian yang paling suka dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Jogjakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon mendapat namanya karena terkenal sangat pedas, Toppers! Oseng-oseng Mercon adalah daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga memiliki rasa pedas yang khas. Tapi, untuk kalian yang takut pedas, tidak perlu takut. Karena, kamu tetap dapat memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai kok!

6. Sate Klatak

Sate-klatak

 

 

 

 

 

 

Wah, jika kamu seorang pecinta sate kambing, kamu wajib mencoba Sate Klatak, Toppers! Sate Klatak masuk ke dalam daftar makanan khas Jogjakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasa ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera.

7. Sate dan Tongseng Petir

Tongseng-Seller

Makanan khas Jogja yang unik ini berada di Ringroad selatan dan sering dijadikan tujuan utama bagi pecinta masakan pedas! Sate dan Tongseng Petir menyuguhkan seporsi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan bumbu pedas khas yang enak banget, Toppers!. Wajib untuk dicoba!

 

Itulah makanan-makanan khas Jogja yang wajib kamu coba!

Makanan Enak Dan Murah Yang Cocok Untuk Mahasiswa Makanan Enak Dan Murah Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Makananjogja.com – Jadi kalian mahasiswa yang tinggal di Jogja? Atau bukan mahasiswa Jogja tapi tetap mau merasakan makanan enak dan murah? Atau bukan mahasiswa tapi tetap mau merasakan enaknya makanan murah dan tentunya enak yang ada di Jogja? Nah, kali ini Aku membawa rekomendasi makanan-makanan murah jogja dan pastinya sekaligus enak yang bisa kalian temukan. Mungkin ini juga akan ada atau sudah ada di kota lainnya, namun makanan-makanan ini pasti ditemukan di Jogja, Let’s check it. Nah yang pertama, Aku merekomendasikan Sop Iwak atau sering dikenal dengan Sowak. Sowak ini berada di Jl. Super Raya No.89 Karangasem, Condongcatur, Sleman – Yogyakarta.

Sowak ini memiliki berbagai menu varian makanan. Salah satu contoh makanannya adalah Miker atau Mie ceker seperti yang ada di foto. Miker sendiri dapat dibeli seharga Rp.12.000,00. Nah untuk harga minumannya sendiri dijual dengan harga yang murah meriah juga, pun banyak variasi makanannya. Nah, kalau yang kedua ini aku kasih rekomendasi buat temen-temen yang suka makan-makanan pedas. Aku rekomendasiin kalian seblak atau yang lebih tepatnya yaitu ngemil seblak. Kenapa aku merekomendasikan Ngemil Seblak?

Ngemil Seblak cukuplah murah untuk makanan seenak itu. Ngemil Seblak juga memiliki banyak varian menu yang nggak akan bikin kalian bosen untuk mencobanya satu-persatu. Lokasinya sendiri berada di tiga tempat, yaitu Jl.Selokan Mataram No. 61 Yogyakarta, JCM Food Garden Lantai 2, dan yang terakhir ada di Jl. Prof. Soepomo, No. 59 Janturan. Harga varian menu makanan di Ngemil Seblak ini mulai dari harga Rp.8000 – Rp.25.000. Ngemil Seblak juga memiliki banyak varian minuman untuk menghalau jika temen-temen merasa kepedasan. Nah, untuk makanan ketiga yang Aku rekomendasikan adalah Geprek Bensu. Pastinya makanan ini juga udah ada di banyak kota nggak cuma di Yogyakarta. Namun, kenapa Aku merekomendasikan makanan ini? Karena menurutku, Geprek Bensu ini cukup murah. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000 – Rp.27.000, kalian bisa makan enak di Geprek Bensu. Juga menu varian minuman yang banyak. Geprek Bensu yang ada di Jogja sendiri berada di Jl. Seturan Raya, Timur Beta Supermarket Ruko Biru, No.4. Untuk yang keempat ini, aku rekomendasikan Mie Gacoan. Bener-bener deh Mie Gacoan ini terkenal banget. Selain harganya yang murah meriah banget, Mie Gacoan ini juga memiliki rasa yang enak.

Mie Gacoan sendiri di setiap outlet di Jogja selalu terlihat ramai oleh pembeli, baik yang menggunakan ojek online maupun makan di tempat. Dengan harga sekitar Rp. 6.000-an, temen-temen bisa menikmati makanan dan minuman di Mie Gacoan ini. Untuk outlet Mie Gacoan sendiri yang berada di Jogja adalah di Ruko Raflessia Babarsari, Jl. Raya Kledokan No.10, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman Regency, Yogyakarta 55281 dan Jl. Komp. Colombo No.20-2, Mrican, Caturtunggal, Kec. Nah, untuk makanan terakhir yang kurekomendasikan yang enak dan murah yang bisa kalian temui di Jogja adalah Mie Ayam Palembang Afui. Mie Ayam ini terkenal dengan rasanya yang enak dan murah. Dengan harga mulai dari Rp.6.000,- hingga Rp.15.000,-, kalian bisa menikmati makanan atau minuman yang ada di sana. Mie Ayam Palembang Afui ini terletak di Jl. Kaliurang km 4,5 Gang Kinanti no.12, Caturtunggal, Depok, Yogyakarta. Nah, berikut makanan yang dapat aku rekomendasikan ke kalian yang pasti enak dan murah. Karena aku sendiri sudah pernah mencobanya secara langsung. Mungkin di lain kesempatan, aku bakal nambahin rekomendasi lagi. Ataupun dari temen-temen ada yang ingin memberi saran untuk aku supaya merekomendasikan makanan lainnya?

Baca Juga  : Warung Makan Di Jogja Banyak Yang Palsu

Di tempat ini anda bisa menentukan bahan mienya, pakai mie bihun atau mie kuning. Untuk minuman penghangat tubuh di Bakmi Shibitsu ini menyajikan Teh Jahe yang hangat. Hmm, menarik sekali bukan? Tunggu apalagi, kalau ke Jogja mampir ya ke Bakmi Shibitsu milik Bu Gilah. Kalau anda ingin mencoba kuliner Jogja yang serba jamur anda bisa datang ke Jejamuran yang ada di di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jejamuran menjadi tempat makan enak di Jogja yang terkenal dengan olahan jamurnya yang lezat dan menggugah selera. Beberapa menu andalan yang ada di Jejamuran ini seperti jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, puyunghai jamur dan masih banyak menu makanan yang lainnya. Selain makanan dengan bahan utama jamur, di Jejamuran ini anda bisa mendapatkan minuman yang sudah sangat terkenal kesegaran dan kelegitannya yakni soda gembira, setelah anda minum soda gembira, anda pasti akan menjadi lebih gembira, karena sangat segar sekali. Anda pasti tidak asing lagi dengan Bungong Jeumpa? Bungong Jeumpa menjadi salah satu judul lagu daerah Aceh yang selalu ada di dalam buku-buku lagu wajib nasional dan daerah.

Kalau di Jogja, Bungong Jeumpa merupakan salah satu tempat makan enak yang menyediakan aneka panganan khas dari Aceh. Tidak heran kalau Bungong Jeumpa kini sudah memiliki banyak sekali cabang karena ternyata masyarakat Jogja jugaa menggemari panganan Aceh seperti Mie Aceh contohnya. Ada banayk cabang Bungong Jeumpa yang bisa anda kunjungi diantaranya di Ruko Demangan Niaga Jalan Demangan Baru, Jalan R.W. Monginsidi No. 12, Ruko Sagan Square, Jalan Prof. Menu yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini adalah makanan yang di sajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Buka pada jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan anda bisa memilih beberapa paket yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini seperti Ngopi, Nge-Mie, Nge-Mil, Nge-Nas dan istilah-istilah lainnya. Sajian seperti Martabak, Roti Cane, Mie Aceh, Nasi Goreng, Kopi, Ayam Goreng dan beberapa makanan dan minuman lainnya yang sangat khas bercita rasa Aceh. Anda ingin mencoba panganan khas Aceh di Bungong Jeumpa? Tunggu apalagi lagi datang saja ke alamat-alama cabang Bungong Jeumpa di atas.

Warung Makan Di Jogja Banyak Yang Palsu Warung Makan Di Jogja Banyak Yang Palsu

Makananjogja.com – Netizen kembali dihebohkan oleh thread yang memberi informasi tentang warung palsu di Yogyakarta. Keberadaan warung makan ini kerap bikin pelanggan bingung. Yogyakarta atau Jogja merupakan sebuah wilayah di Pulau Jawa yang memiliki julukan Kota Pelajar, Kota Gudeg, Kota Budaya hingga Kota Pariwisata. Kota ini memiliki daya tarik lewat budaya serta beragam tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu Yogyakarta juga menyuguhkan banyak sekali makanan enak, tak hanya gudeg saja.

Diantaranya seperti soto, oseng mercon, pelopor ayam geprek, angkringan, dan masih banyak lainnya. Tak hanya rasanya yang lezat, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Lewat makanannya, banyak wisatawan lokal dan mancanegara terpikat pada Yogyakarta. Tak heran banyak sekali tersebar warung makan, restoran, kafe, hingga yang legendaris pun ada di Yogyakarta. Untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara, banyak yang datang langsung ke tempat makan tersebut untuk mencicipi kelezatan menunya. Namun tak jarang ada juga yang memesan lewat aplikasi ojek online saat berada di hotel.

Saat memesan makanan lewat aplikasi ojek online tersebut, Anda harus waspada tentang kebenaran dari restoran yang ada pada aplikasi tersebut. Karena banyak juga restoran ‘nakal’ yang mengelabui pelanggan dengan mencantumkan nama restoran terkenal dan legendaris di Yogyakarta. Seperti yang telah dirangkum lewat sebuah thread di Twitter. Yogyakarta dan daerah Jawa lainnya. Ia memberi informasi kalau ada warung palsu yang mengatasnamakan warung legendaris atau terkenal lainnya di Yogyakarta. Ia juga menceritakan kalau ternyata warung palsu tersebut tak hanya memalsukan satu tempat makan melainkan sebanyak 11 tempat. Warung makan tersebut saat ini bernama Pak Gendut, padahal dulunya ia memakai nama Bebek Pak Slamet yang mirip dengan Bebek Haji Slamet. Diantaranya ada Rendang Sederhana yang mirip dengan RM Padang Sederhana, lalu Ayam Goreng Kohjoyo yang mirip dengan Ayam Tojoyo. Tempat makan ini pun menggunakan Ayam Geprek Malioboro yang sangat terkenal di kalangan foodies. Tak lupa Dadad Sesa juga menambahkan foto penampakan makanan Ayam Goreng Malioboro yang ‘palsu’ dan juga foto penampakan warung makan Pak Gendut yang banyak memalsukan tempat makan legendaris dan terkenal lainnya. Ada juga foto Bebek H. Slamet palsu. Baca Juga: 10 Kuliner Jogja yang Enak dan Hits, Kamu Harus Coba! Ada yang menyayangkan sikap Dadad Sesa yang terlihat seperti mematikan usaha orang lain. Namun ada juga merasa terbantu dengan thread tersebut karena tidak akan terkecoh saat memesan makanan lewat aplikasi ojek online. Dadad Sesa mengatakan dalam thread tersebut kalau warung makan ini memiliki target pelanggan dan banyak merugikan orang lain. Ia menyebutkan target pelanggan pada warung tersebut adalah turis yang pesan lewat ojek online dan yang melakukan pemesanan makanan saat sedang mengantuk karena tempat makan tersebut buka selama 24 jam.

Angkringan bento merupakan angkringan yang menyediakan makanan khas Jepang, namun cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Beberapa menu andalan yang bisa anda pesan adalah ekado isi telur, nugget, ebifurai isi udang, chicken roll, fishrolade, dan lain-lain. Nikmatilah buka puasa anda dengan suasana khas Jepang yang pastinya akan membuat buka puasa anda menjadi unik dan berkesan. 18. Gudeg Mercon Bu Tinah, Jl. Gudeg selalu identik dengan rasa yang manis.

Baca Juga  : Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Jogja

Nah, bagi anda yang bosan dengan rasa gudeg yang manis, anda bisa mencoba berkunjung ke Gudeg Mercon milik Bu Tinah karena rasa gudeg di sini sangatlah pedas. Menu ini cocok untuk anda santap saat buka puasa. Namun datanglah lebih awal ke tempat ini karena antrian di tempat ini bisa sangat panjang. 19. Warung Ayam Genther, Kotabaru, Jl. Ayam bakar atau ayam goreng tentunya sudah tidak asing lagi bukan? Bagaimana jika ayam bakar disajikan dengan kremes yang renyah? Anda pasti belum pernah mencobanya bukan? Daripada penasaran, anda bisa datang ke warung ayam Genther, Kotabaru. Anda bisa menikmati ayam bakar kremes yang rasanya benar-benar nikmat.

Dengan menu spesial ini, buka puasa anda pastinya akan sangat nikmat. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau sehingga anda bisa menikmati buka puasa yang enak, asyik dan murah. 20. Mie Jawa Warung Mbah Gito, Jl, Ni Ageng Nis, No. Buka puasa pastinya akan sangat nikmat jika anda menyantap makanan dan minuman yang hangat. Mie Jawa Warung Mbah Gito, anda bisa menyantap aneka bakmi dan juga minuman favorit di sana, yaitu teh poci gula batu. Santaplah bakmi dan minum teh poci gula batu, pasti buka puasa anda akan sangat nikmat dan begitu mengesankan.

Beberapa menu andalan yang bisa anda pilih di warung mie jawa ini adalah bakmi goreng, bakmi godhog, dan juga nasi goreng. 21. Sate Kere Pak Mardi, Jl. Kere dalam bahasa Jawa berarti miskin, namun ternyata sate ini dinamakan sate kere karena harganya yang murah sehingga bisa dinikmati siapa saja. Berbeda dengan sate lainnya yang disajikan dengan bumbu kacang, sate ini dipadukan dengan lontong dan kuah sayur tempe. Harga per porsinya pun begitu murah, dan anda bisa berbuka puasa di sini dengan nikmat, apalagi bila buka bersama teman anda.