21 Tempat Wisata Kuliner Di Yogyakarta Yang Bikin Liburan Kamu Berkesan

21 Tempat Wisata Kuliner Di Yogyakarta Yang Bikin Liburan Kamu Berkesan

Makananjogja.com – Tempat wisata, keseniannya, dan, kulinernya juara. Wisata kuliner di Yogyakarta pasti bikin liburan kamu berkesan. Kalau kamu ke Yogyakarta jangan lupa mencoba kuliner enak di sini. Berikut 25 kuliner di Yogyakarta. Gudeg merupakan makanan khas di Yogyakarta. Yang terkenal di Yogyakarta yakni Gudeg Yu Djum. Gudeg di sini sudah terkenal. Kamu bisa makan di tempat dan ada musik live yang akan membuat makan kamu berkesan.

Untuk oleh-oleh, kamu bisa membelinya dalam kaleng atau tempat khusus. Sate Klathak Pak Bari ini sangat terkenal. Kuliner ini memiliki ukuran lebih besar dari sate lainnya. Makanan dari Bantul ini memiliki cara memasak yang unik. Daging ditusuk dengan besi sehingga bagian dalamnya ikut terpanggang rata. Kuliner yang enak di Yogyakarta yakni Mie Lethek Mbah Mendes. Mie Lethek maksudnya mie-nya kotor. Lethek artinya kotor. Namun bukan karena mie-nya kotor, melainkan warnanya yang hitam pekat. Di sini kita bisa makan mie rebus, goreng, atau mie dicampur nasi. Ditambah lagi suwir daging ayam kampung.

Bakmi Jawa merupakan makanan khas di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kuliner yang disajikan bersama suwiran daging ayam kampung dan telur ini sangat mudah ditemukan. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakmi Mbah Mo di Desa Code, Trirenggo, Bantul. Kalau lagi di Yogyakarta, jangan lupa mencoba Mangut Lele Mbah Marto. Kuliner enak ini bisa kamu temukan di daerah belakang ISI Yogyakarta, tepatnya Ngireng-ireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul. Seporsi mangut berisi nasi, sambal goreng krecek, serta lele yang diberi bumbu mangut. Rasanya nikmat banget karena dimasak menggunakan tungku. Siapa yang nggak tergoda? Satu lagi kuliner khas Yogyakarta yakni Ingkung Ayam di warung Mbah Kentol.

Makanan ini berupa ayam kampung utuh yang diikat dan dimasukkan dalam kreneng (anyaman bambu), kemudian dimasak menggunakan bumbu rempah. Makanan disajikan bersama lalapan. Liburan ke Yogyakarta jangan takut gemuk. Ada warung yang menyediakan menu yang tidak akan membuat kamu gemuk. Tentunya makanan ini bergizi. Namanya Warung Makan Lombok Ijo Mbah Widji yang terletak di Jalan Pakem-Turi Km 1 Mangunan, Harjobinangun, Turi, Sleman. Menu yang disajikan berupa sego abang atau nasi merah dengan beragam menu menggiurkan.

Ada ayam goreng, empal sapi, tahu dan tempe bacem, sayur pepaya, serta sambal lombok ijo. Menu ini bukan berbahan daging gajah loh. Melainkan potongan tulang kambing yang disajikan dengan ukuran besar. Sekilas mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer. Biasanya disajikan dalam kondisi panas, dengan daging yang masih menempel di tulang. Lokasi yang terkenal di Jalan Kaliurang KM. 9.3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Kamu wajib coba kuliner di Yogyakarta ini. Namanya Lontong Goreng Cik Tong di Jalan Pandega Marta No.58, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kuliner ini menggunakan bumbu khas Sumatera.

Sementara isinya mie kuning, bakwan, wortel, serta kacang panjang. Kicikan merupakan makanan khas Gunungkidul berupa daging sapi atau kambing yang dimasak bersama daun kicik sebagai bumbu. Rasanya gurih bercampur manis sehingga bikin pengen nambah lagi. Kuliner ini paling nikmat disantap dengan nasi tiwul atau nasi liwet plus sambal bawang. Yuk mampir ke Pasar Wage di Wonotoro untuk mencoba masakan ini. Oseng mercon di warung Bu Narti bisa dicoba.

Oseng ini merupakan makanan yang dibuat dari bahan tetelan daging sapi, kikil, gajih, kulit, dan tulang yang ditumis. Bedanya dengan yang lain, oseng mercon dimasak dengan cabe rawit dalam jumlah banyak. Wuih, pedasnya bikin nagih! Ayam geprek juga hadir di Yogyakarta. Yang terkenal di sini yakni Ayam Geprek Bu Rum yang terletak ke Jalan Wulung Lor, Papringan, Depok, Sleman. Uniknya, ayam geprek di sini disajikan bersama kuah tongseng segar. Mampir ke Pasar Beringharjo terdapat makanan gudangan.

Makanan ini berisi aneka sayuran rebus serta sambal kelapa parut. Letak penjual gudangan tak jauh dari pintu pasar tersebut. Selain Beringharjo, di Pasar Lempuyangan juga banyak makanan enak. Jenang Gempol Bu Gesti paling enak. Jajanan ini berupa bubur sumsum putih, sumsum manis, mutiara, dan candil yang disajikan di atas pincukan daun pisang. Rasanya nikmat dan harganya terjangkau. Mides atau Bakmi Pedes Pundong Bu Yanti paling populer. Makanan berkuah ini terdiri dari mi yang terbuat dari tepung ketela atau tapioka.

Baca Juga  : 25 Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jogja

Ukurannya lebih besar dan memiliki tekstur kenyal. Masakan ini dimasak menggunakan telur dengan tambahan kol dan timun. Rasanya gurih dan bikin ketagihan. Di Gunung Kidul, serangga dijadikan lauk dan camilan. Cita rasanya gurih dan bikin kamu ketagihan. Makanan ini memiliki kandungan protein tinggi. Kamu tidak perlu liburan ke Thailand untuk mencoba belalang goreng kan? Di Yogyakarta kamu wajib mencoba minuman menyegarkan. Salah satunya rujak es krim Pak Nardi di kawasan Pakualaman, Yogyakarta.

Kuliner ini unik karena merupakan perpaduan antara es, buah, serta bumbu rujak. Rasanya pedas, asam, asin, manis, dan gurih yang bikin ketagihan. Unik kan kuliner Yogyakarta ini? Wisata kuliner di Malioboro saat malam hari yant terkenal yakni Kopi Joss Angkringan Lik Man. Di sini kamu bisa menyantap sego kucing dan aneka gorengan. Menu yang menjadi andalan di sini adalah kopi jos, yaitu seduhan kopi yang dicelup arang selagi membara. Datang saja di Jalan Wongsodirjan untuk menikmatinya.

Di Yogyakarta tidak perlu banyak cara untuk menikmati kopi enak. Mampir saja ke Warung Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem. Hidangan minuman di sini dibuat dari kopi khas Yogyakarta. Rasanya nikmat apalagi ditemani pemandangan sawah yang hijau. Camilan tradisional Yogyakarta yang viral yakni geblek. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng. Warnanya putih dan sangat populer di Kulon Progo. Temukan makanan ini di pasar tradisional di Kulon Progo. Jajanan ini disajikan bersama dengan kopi hangat. Yogyakarta juga punya kuliner serabi yang enak. Namanya Serabi Kocor Bu Ngadinem yang terletak di Jalan Bantul Km. 6, Dusun Nyemengan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan. Serabi ini dimasak di atas anglo dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.