October 2020

Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba

Makanan Populer Jogja Wajib Dicoba – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut mengenai makanan jogja terpopuler yang waib anda coba.

Bicara tentang kota Yogyakarta tidak akan ada habisnya. Selain terkenal dengan kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan kota wisata dan kuliner yang menarik. Kuliner khas Yogyakarta tidak hanya bisa dinikmati di siang hari tetapi juga di malam hari dan tidak pernah sepi. Kuliner Yogyakarta siap menggoyang lidah para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Berikut 7 Makanan Khas Yogyakarta Terpopuler versi digiku.com :
1. Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka. Gudeg ada tiga macam yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Perbedaan antara gudeg basah dan kering hanya teksturnya gudeg kering dimasak lebih lama sehingga teksturnya lebih kering dan cenderung lebih manis dan warnanya lebih coklat. Lain halnya dengan gudeg manggar terbuat dari bunga kelapa. Gudeg jogja biasanya dinikmati dengan sambel goreng krecek, telur, dan tempe. Gudeg sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan.
2. Angkringan Jogja

Angkringan adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Jogjakarta. Penjualan angkringan juga sangat unik yaitu berbentuk gerobak dorong seperti kaki lima sangat populer. Angkringan jogja bermula dari perantauan seorang mbak Pairo dari Klaten, kemudian usaha ini terus berkembangdan diteruskan oleh Likman putranya. Tidak heran jika angkringan yang terkenal adalah angkringan Likman. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih polos yang diberi isian oseng tempe, oseng teri, atau sambel dan dibungkus menggunakan daun pisang. Selain nasi, juta tersedia berbagai macam lauk berupa sate yaitu seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan berbagai gorengan. Selain makanan di angkringan kita juga menemukan minumannya yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara. Usaha angkringan sudah menjamur di kota jogja bahkan sudah ada di beberapa kota di Indonesia.
3. Oseng Mercon

Oseng mercon terbuat dari tumis tetelan sapi yang lezat dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma kuat. Selain tetelan sapi, bagi anda penggemar seefood sudah tersedia oseng mercon oseng cumi dan udang juga. Bahan yang digunakan untuk membuat oseng mercon yaitu tetelan daging sapi, cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, jahe, lengkuas, garam dan gula merah. Sesuai dengan namanya cara pembutan oseng mercon dengan cara di oseng dan dari segi rasa oseng mercon ini sangat meledak di mulut yang berasal dari cabai rawit. Bagi orang yang senang makan pedas oseng mercon ini bisa dijadikan salat satu pilihan makanan. Oseng mercon ini lebih mudah ditemui malam hari di tempat lesehan.

Baca Juga:Kuliner Jogja 24 Jam

4. Sate Klathak

Sate klathak ini berasal dari Imogiri Bantul. Sate Klathak terbuat dari daging kambing. Jika kita lihat nama sate yaitu klathak, hal ini disebabkan dalam proses pemasakan hanya menggunakan garam jadi ketika sate dibakar menimbulkan bunyi klathak. Hal yang membedakan sate klathak dengan sate lainnya yaitu penusuk sate dan bumbu yang digunakan. Penusuk sate klathak terbuat dari jerusi besi sepeda. Bumbu yang digunakan untuk membuat sate hanya garam. Biasanya sate akan lebih mantap jika dinikmati dengan nasi yang disiram kuah gulai dan irisan cabe.

Kuliner Jogja 24 Jam Kuliner Jogja 24 Jam

Kuliner Jogja 24 Jam – Bagi kalian yang sering merasa lapar di jam-jam malam, dalam artikel  ini terdapat rekomendasi kuliner jogja yang uka sampai 24 jam.

Aktivitas di Yogyakarta hampir berlangsung selama 24 jam. Jadi gak ada kata bosan, deh selama kamu berada di sana. Salah satunya seperti Jalan Malioboro hingga Tugu, termasuk kuliner yang tersedia setiap saatnya.

Jangan hanya tertidur pulas di hotel, coba deh cicipi 10 kedai kuliner tengah malam berikut ini. Dijamin kelezatannya siap menggoyah lidahmu.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon buka dari pukul 22.00 hingga dini hari. Gudeg dengan suasana rumahan jadi andalan warung yang berada di Jalan Janturan, Warungboto, Umbulharjo ini. Harganya murah banget, seporsi berkisar Rp 20 ribu saja. Karena peminatnya banyak, siap-siap sabar mengantre ya.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan dan Yogyakarta jadi dua hal yang gak terpisahkan. Kamu yang ingin menikmati suasana lesehan dengan suguhan makanan yang lezat, maka Angkringan Lik Man yang berada di Jalan Wongsodirjan bisa jadi pilihan. Bukanya dari pukul 18.00 hingga tengah malam. Soal harga, kamu sudah bisa makan, ngemil dan minum dengan Rp 10 ribu saja.

3. Oseng-oseng Bu Endang

Oseng-oseng Bu Endang jadi salah satu yang paling nendang di Kota Sultan. Kamu bisa mampir pada pukul 18.00-24.00. Menu oseng-oseng lezat ini bisa kamu nikmati di Jalan Adi Sutjipto dengan Rp 20 ribu sudah termasuk minum. Murah dan enak, gak ada alasan untuk gak ke sana deh.

Baca Juga :Kuliner Hits Jogja

4. Nasi Rames Demangan

Kamu yang sedang berlibur ke Yogya dan tiba-tiba lapar tengah malam, Nasi Rames Demangan cocok banget buat makan enak tengah malam. Lokasinya mudah ditemukan seperti namanya, berada di Jalan Demangan. Buka dari pukul 20.00 hingga dini hari, makan di sini dijamin masih panas dari kompor langsung. Seporsinya hanya Rp 10 ribu, lho.

5. Mi Ayam Grabyas

Pengen makanan berkuah tengah malam? Datanglah ke Mi Ayam Grabyas yang buka mulai pukul 24.00. Mi yang terletak di Jalan Malioboro tepatnya depan Hotel Inna Garuda dikenal antre pake banget. Demi menikmati seporsi mi ayam lezat seharga Rp 18 ribu, kamu harus sabar ya.

Kuliner Hits Jogja Kuliner Hits Jogja

Kuliner Hits Jogja – Jogja menjadi salah satu kota dengan banyak tempat wisata, bukan hanya tempat wisata di jogja juga memiliki banyak kuliner-kuliner yang menarik.

Mampir ke Jogja? Jangan sampai lewatkan kulinernya. Ada banyak kuliner Jogja yang bisa kamu coba. Apa saja ya?

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata primadona di kalangan pecinta travelling. Bukan hanya destinasi wisata alam yang menarik, wisata kuliner pun turut memikat hati para pelancong.

Yuk intip, berikut ini kuliner Jogja 2019 yang bikin kamu ketagihan untuk balik ke kota istimewa ini.

1. Gudeng Mercon Bu Tinah

Kalau kamu bosan dengan cita rasa manis gudeg, patut kamu coba kuliner satu ini nih. Penikmat gudeg pedas cocok datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah yang sudah ada sejak 1992, tepatnya berada di kawasan belakang Pasar Kranggan Jogja.

Tempat wisata kuliner ini terletak di pinggir jalan dengan menyediakan baskom yang berisi variasi lauk pauk mulai dari olahan gudeg, semur telur, ceker, ayam kampung dan sate ayam. Adapun, gorengan kriuk berupa ceker krispi, mendoan dan bakwan.

Dan, yang spesial dari warung makan ini ialah sambal mercon yang terdiri dari krecek, tempe dan olahan cabai. Menariknya, warung ini menyiapkan bahan baku cabai sebanyak 5 kg untuk membuat si sambal mercon ini loh Detikers.

GUdeg Mercon Bu Tinah
Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
Buka pukul 21.00-02.00 WIB
Harga Rp 15.000-25.000

2. Mi Ayam Bu Tumini

Selanjutnya, terdapat kuliner Jogja hits yang wajib nih kamu kunjungi buat kamu para pecinta mi, yaitu Mi Ayam Bu Tumini. Kuliner ini memiliki ciri khas kuah coklat yang kental dengan lauk ayam atau ceker, sudah berjualan sejak tahun 1990.

Kamu bisa menemukan warung mi ini yang terletak di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan. Dengan penyajian porsi jumbonya, kuliner mi ini termasuk dalam kuliner jogja murah yang bisa kamu cicip. Biasanya, warung mi ayam ini menghasbiskan sekitar 700 per hari dan 50 kg ayam loh, Detikers, jangan sampai kehabisan ya.

Mi Ayam Bu Tumini
Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Telp:(0274) 410334
Buka pukul 10.00-17.00 WIB
Harga Rp 8.000-22.000

3. Walang Goreng Pak Gareng

Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dijadikan cemilan. Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja ialah Walang goreng Pak Gareng. Sebelum proses pengolahan, kuliner jogja yang enak ini dibersihkan terutama pada bagian sayap.

Soal rasa, jangan khawatir Detikers, ada banyak varian rasa bumbu yang ditawarkan seperti gurih, pedas hingga bacem. Untuk membuat walang goreng ini memerlukan bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai besar, cabai rawit, merica dan garam. Nah, gimana tertarik mencobanya, Detikers?

Walang Goreng Pak Gareng
Jalan Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Telp:0813-3260-4081
Buka pukul 08.00-21.00 WIB
Harga Rp 35.000 per toples

Baca Juga :Tempat Nongkrong Malam Hari di Jogja

4. Sate Kere Beringharjo

Kuliner berikutnya ialah kuliner Jogja Malioboro. Warung sete ini tepatnya berada di sekitaran Pasar Beringharjo. Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi khususnya sate bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.

Penyebutan nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokasi penjualan yang terletak di emperan pasar dan harga yang murah meriah makanya kuliner ini termasuk kuliner jogja murah. Meskipun begitu banyak pembeli sate ini yang mengaku menjadi pelanggan setia sejak dulu loh Detikers.

Sate Kere Beringharjo
Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan
Buka pukul 08.30-17.00 WIB
Harga mulai Rp 3.000-4.000 per tusuk sate